Cerita Perjalanan

5 Wisata di Bangka Belitung Bukan Hanya Pantai

sewa mobil jogja banner

Wisata di Bangka Belitung – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Lebih tepatnya, terletak persis di bawah provinsi Sumatera Selatan. Bangka dan Belitung terpisah menjadi dua pulau. Jika posisi sedang berada di Pulau Bangka, dapat menyeberang menggunakan kapal untuk pergi ke Pulau Belitung.

Pulau ini memiliki banyak keistimewaan yang membuat para wisatawan tertarik datang. Penduduknya tidak sepadat di kota besar seperti kota Jakarta, selain itu kuliner di pulau ini juga memiliki cita rasa yang khas dan enak. Tempat wisata di pulau ini juga memiliki keindahan yang sedap dipandang mata, bukan hanya pantai, tapi masih banyak tempat wisata lainnya; berikut beberapa wisata yang dimiliki pulau ini:

Baca Juga : Katalog Wisata di Belitung Terlengkap

Wisata di Bangka Belitung

Danau kaolin

danau kaolin wisata bangka

Salah satu sumber daya alam di pulau ini adalah timah. Danau kaolin ini sebenarnya adalah danau yang terbentuk akibat penambangan timah. Penambangan timah ini membuat bagian tanah berbentuk lobang besar dan ternyata setelah ditinggal bertahun-tahun. Lobang ini mengeluarkan air berwarna biru. Tanah sekitar danau ini pun terlihat gersang.

Jika datang ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya. Akan tetapi, para wisatawan tidak diperbolehkan menyentuh air ataupun terlalu dekat dengan danau; karena sebenarnya danau ini mengandung air yang berbahaya. Oleh karena itu, tempat ini khusus hanya untuk berfoto dengan latar danau yang berwarna biru.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal

Danau kaolin ini terletak di 3 daerah, yaitu di Jalan Lintas Timur Bangka, Desa Air Bara Koba, dan di Desa Air Raya Belitung. Untuk akses ke danau kaolin ini akan lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi karena minimnya angkutan umum di daerah tempat wisata tersebut.

Baca Juga : Liburan Ke Bangka Belitung Murah 2018 Ala Backpacker, Kunjungi 3 Pantai dan 2 Pulau Ini

Bangka Botanical Garden

bangka botanical garden

Destinasi wisata ini terletak pada Jl. Raya Pasir Padi  Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Air Itam. Buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00. Destinasi ini sangat menarik karena wilayahnya perpaduan antara perkebunan dan peternakan.

Tempat ini menyediakan restoran dengan fasilitas kolam ikan yang cukup besar. Para wisatawan juga dapat melihat kebun buah naga dan buah lainnya; selain itu juga wisatawan dapat melihat peternakan sapi.

Wisata Sejarah di Bangka Belitung

Museum Timah

museum timah wisata bangka

Museum ini merupakan satu-satunya museum yang menceritakan sejarah pertimahan di Bangka Belitung. Selain itu, tempat ini merupakan tempat diskusi para pahlawan dengan Belanda sebelum perundingan Roem Royen terjadi. Tempat wisata bersejarah ini beralamat di Jalan Ahmad Yani no 179 Pangkalpinang, buka pukul 08.00-16.00.

Baca Juga : 4 Objek Tempat Wisata Pantai di Bangka Belitung yang Terkenal dan Terindah

Bukit Menumbing

bukit menumbing muntok

Wilayah ini terletak pada bukit di wilayah Kota Muntok, dengan ketinggian 355 m dpl. Para wisatawan dapat melihat pemandangan hutan yang hijau dari puncak bukit ini. Selain itu, tempat ini memiliki nilai sejarah.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Di Jabodetabek Paling Menarik Dan Instagramable

Dahulu tempat ini merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Pulau Bangka. Pengasingan tersebut terjadi di  Wisma Menumbing, sehingga meninggalkan beberapa barang Soekarno dan Hatta. Barang-barang ini banyak dibuat kembali agar mirip dengan peninggalan mereka, contohnya mobil Ford yang pernah digunakan Soekarno saat di Pulau Bangka, ruang rapat, dan lain-lain.

Vihara Dewi Kuan Im

vihara dewi kwan im wisata bangka belitung

Tempat ibadah umat Buddha ini terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur ; dijadikan tempat wisata karena merupakan Vihara terbesar dan tertua di Belitung.  Para wisatawan dapat melihat banyak patung di tempat ini dan dapat melihat Gunung Burung Mandi. Untuk mencapai puncak Vihara, para wisatawan harus menaiki sekitar 89 anak tangga.

Provinsi Bangka Belitung dapat menjadi tempat favorit untuk dikunjungi para wisatawan; selain wisata alam, terdapat wisata sejarah dan wisata tempat ibadah. Pulau yang belum terlalu padat ini sangat cocok untuk para penduduk kota besar yang sudah penat dengan keramaian kota. Selain itu, pulau ini mudah di jangkau dari ibukota Indonesia (Jakarta), perjalanan hanya 1 jam 15 menit jika menggunakan pesawat terbang.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh