Yogyakarta

Tempat Wisata Di Jogja Kota Yang Sayang Dilewatkan

Berkunjung ke Jogja tentunya tidak afdhol atau kurang lengkap jika tidak mengunjungi wisata-wisatanya yang ada di pusat kota. Apalagi wisata-wisata tersebut seringkali menjadi incaran untuk jadi daftar wajib kunjungan. Ada banyak pilihan wisata di Jogja kota yang sayang sekali apabila dilewatkan.

Berikut ini akan ada tujuh tempat wisata di Jogja kota yang cukup terkenal dan menjadi pusat perhatian wisatawan. Bahkan ada yang sudah terkenal di kalangan wisatawan asing. Penasaran? Mari simak ulasannya.

Wisata di Jogja Kota

1. Keraton Jogja

Kraton Yogyakarta Pagelaran

Nah, tempat wisata di Jogja kota yang pertama ini adalah sebuah keraton atau istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Lokasinya berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton. Tidak jauh dari pusat kota.

Berkunjung ke Keraton Jogja memungkinkan para pengunjungnya untuk berwisata sekaligus belajar tentang sejarah. Di tempat ini, akan ada koleksi-koleksi bersejarah yang dimiliki oleh keraton. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan tradisi-tradisi juga pagelaran seni yang ditampilkan.

Keraton Jogja bisa dikunjungi pada pukul 8 hingga pukul 2 sore saja di tiap harinya. Hanya dibutuhkan uang Rp. 7000 untuk bisa masuk ke Keraton. Sedangkan, fasilitasnya ada tempat parkir, tempat makan, sekaligus tempat ibadah.

Baca Juga :   5 Homestay Murah di Jogja Dekat Malioboro, UGM, Stasiun Tugu Untuk Backpacker

2. Jalan Malioboro

tempat wisata di jogja dekat malioboro

Rasanya tempat ini tidak asing lagi di telinga masyarakat Jogja maupun luar Jogja. Wisata di Jogja kota ini termasuk wisata andalannya Yogyakarta. Pada kawasan wisata ini, akan ada banyak pedagang maupun toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Jogja. Seperti kerajinan, baju, hingga makanan.

Tak jarang, Jalan Malioboro juga dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para seniman, terutama di malam hari. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk datang ke Jalan Malioboro pada waktu malam. Nuansa kota Jogja akan lebih terasa dengan adanya pertunjukan-pertunjukan dari seniman sekaligus bisa digunakan untuk berburu oleh-oleh.

3. Tugu Jogja

 

Belum sah datang ke kota Jogja bila tidak berkunjung ke Tugu Jogja. Tempat ini sering kali dijadikan objek foto oleh para wisatawan yang berkunjung ke pusat kota Jogja. Ciri khas dari salah satu tempat wisata di Jogja kota ini adalah warna tugunya yang putih dan dipadu dengan warna emas di bagian ujung runcingnya.

Dikarenakan tempat ini juga berada di pusat kota dan dekat dengan kawasan Jalan Malioboro, maka sangat disayangkan jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

4. Titik Nol Kilometer

titik nol kota jogja

Wisata di Jogja kota selanjutnya yang tidak kalah keren dan menarik adalah Titik Nol Kilometer. Sama halnya dengan Tugu Jogja, tempat ini juga sering dijadikan sebagai spot foto oleh para wisatawan. Lokasi dari wisata yang satu ini ada di simpang Kantor Pos Besar atau masih di pusat kota Jogja.

Baca Juga :   8 Tempat Wisata Alam Di Yogyakarta Yang Menarik Dikunjungi

Waktu yang cocok untuk datang ke Titik Nol Kilometer adalah pada malam hari. Suasananya akan semakin cantik karena di penuhi dengan gemerlap lampu. Ditambah dengan adanya bangunan klasik di sekitar seperti Kantor Pos Besar,  Bank Indonesia juga Bank BNI 46 yang menjadi lebih indah oleh cahaya keemasan dari lampu-lampu.

5. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Mencari tempat wisata di Jogja kota yang bernuansa museum bisa ditemukan di tempat wisata yang satu ini. Benteng Vredeburg berlokasi di Jl. Jend. A. Yani No. 6, Yogyakarta. Lokasi tersebut juga masih berada di pusat kota Jogja.

Ada banyak koleksi benda-benda bersejarah yang bisa dilihat di dalam benteng. Untuk jam bukanya sendiri, benteng ini buka pada pukul setengah 8 pagi hingga pukul 4 sore pada hari selasa sampai jum’at. Tarif masuknya pun tidak mahal, pengunjung hanya dikenakan Rp. 3000 per orangnya.

Selain kelima wisata di Jogja kota di atas, masih banyak wisata lain yang bisa ditemukan di pusat kota Jogja. Namun, kelima wisata di atas adalah tempat wisata yang paling terkenal dan seringkali dikunjungi oleh masyarakat. Jadi, jika kebetulan berada di pusat kota Jogja, rasanya sangat sayang bila melewatkan kesempatan untuk mengunjungi ketujuh wisata di atas.

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh