Jawa Timur

10+ Fakta Tentang Wisata Kampung Warna Warni Jodipan

sewa mobil jogja banner

Jodipan, sebuah kampung yang berada di tepi Sungai Brantas, Malang mendadak menjadi viral di media sosial dalam dua tahun belakangan. Sebuah kampung yang tadinya kumuh berubah menjadi destinasi wisata kampung warna warni Jodipan. Setiap harinya banyak pengunjung yang datang, didominasi oleh kawula muda, khususnya para aktivis media sosial.

Sebelum menjadi seperti sekarang, Jodipan tadinya adalah sebuah kampung kumuh yang sering ditemukan di daerah bantaran. Jalan sempit, rumah-rumah dibangun berhimpit, serta masalah kebersihan dan sampah. Namun semuanya berubah sejak September 2016 dan kampung ini kini menjadi salah satu obyek wisata andalah di Kota Malang. Untuk lebih mengenal mengenai obyek wisata kampung warna warni Jodipan, berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui.

Wisata Kampung Warna Warni Jodipan

1. Berawal dari Sebuah Tugas Kuliah

tugas kuliah
source:pixabay

Adalah 8 mahasiswa dari Jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang membentuk kelompok bernama GuysPro. Kelompok ini lahir karena sebuah tugas praktikum public relation, mereka mendapatkan ide untuk mengubah citra Jodipan. Maka digandenglah program CSR dari sebuah perusahaan cat, PT Indana Paint.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Blitar Jatim dan Sekitarnya Yang Bagus dan Dekat Stasiun

Baca Juga : 42 Tempat Wisata di Malang Batu

2. Menjadi Tempat Tujuan Wisata Baru di Malang

kampung jodipan
https://www.instagram.com/tania.goes.to.bloggywood/

Kampung kumuh dipercantik dengan beragam warna dan gambar-gambar mural yang kemudian dinamakan kampung warna warni Jodipan. Menjadi cantik dan menarik, banyak yang mulai tertarik untuk datang dan berkunjung. Lengkaplah sudah, secara de juri (peresmian oleh walikota) dan de facto (dikunjungi wisatawan), kampung ini menjadi tempat wisata kampung warna warni Jodipan.

Berawal dari masyarakat Kota Malang sendiri serta sekitarnya, lambat laun dengan pengaruh teknologi internet, kampung ini semakin terkenal. Bahkan tak sedikit turis asing yang sengaja menyempatkan singgah di kampung ini ketika mereka berkunjung ke Indonesia.

Kampung Jodipan

3. Meningkatnya Kebersihan Lingkungan

 

Sejak dijadikan sebagai destinasi wisata, kebersihan lingkungan pun sangat dijaga. Masyarakat sudah meninggalkan kebiasaan lama membuang sampah sembarangan ke sungai. Jalan-jalan dan sungai bersih dari sampah. Bahkan kini sudah ada petugas kebersihan yang turut diperbantukan untuk menjaga kebersihan salah satu ikon baru Kota Malang ini.

4. Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

Menjadi tujuan wisata kampung warna warni Jodipan, masyarakat mendapatkan alternatif baru untuk mendapatkan penghasilan. Rumah-rumah mulai membuka warung-warung kecil, mulai dari menjajakan makanan dan minuman sampai menjual souvenir khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Para pemuda yang sebelumnya menjadi pengangguran pun diberdayakan sebagai petugas parkir ataupun menjaga loket tiket.

Baca Juga :   40 Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi Selain Pantai Kawah Ijen 2018

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Di Batu Malang Ini Sangat Indah dan Menawan

5. Tempat Wisata Kekinian yang Instagramable

wisata kampung warna warni jodipan

Bagi para pengguna Instagram, tak lengkap rasanya jika datang ke Kota Malang dan tidak menyempatkan waktu untuk mengunjungi kampung ini. Banyak spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang foto maupun untuk shot tunggal.

Selain lukisan mural di sepanjang jalan, ada pula spot­-spot menarik yang tak boleh dilewatkan. Misalnya seperti Jembatan Kaca Ngalem dan Barisan Payung Warna. Banyak juga yang mengambil gambar dari ketinggian sehingga tampak fullshot deretan rumah warna warni dalam ketinggian topografi yang berbeda.

6. Souvenir Oleh-oleh dari Jodipan

oleh oleh dari malang
https://www.instagram.com/bayuekabuwana/

Jika Anda mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Jodipan, jangan lupa untuk membeli souvenir untuk oleh-oleh sanak kerabat di rumah. Banyak rumah-rumah yang membuka toko kecil menjual souvenir berupa sandal, gelang tali, dan kalung etnik. Beberapa macam barang souvenirnya seperti :

  • Sebagaimana konsep kampung yang warna warni, sandal yang dijual pun memiliki beragam warna. Sedikit mirip dengan yang dijual sering kita temukan di Jogja atau Bali, hanya saja yang di sini bertuliskan ‘IoMalang’.
  • Gelang tali adalah souvenir unggulan dan paling banyak diminati, khususnya oleh anak-anak muda.
  • Selain sandal dan gelang, beragam kalung kerajinan dari kayu dengan desain hewan, bunga, hingga motif abstrak juga banyak dijual.
Baca Juga :   4 Rental Mobil di Surabaya Bisa Lepas Kunci Atau Tanpa Supir Murah 2018

Dilihat dari sisi penataan ruang, transformasi dari kampung kumuh menjadi tempat tujuan wisata kampung warna warni Jodipan adalah bentuk program revitalisasi kawasan yang berhasil. Dan menjadi sebuah contoh penting, bahwa program penataan kota tidak harus selalu menunggu dari pemerintah. Siapa pun dapat berinisiatif, asalkan ada kemauan perubahan pun pasti akan terjadi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh