Nusa Tenggara Timur
Trending

4 Hal yang Dapat dilakukan ketika Wisata ke Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur

Wisata ke Pulau Komodo – Pulau Komodo ini ada di Kepulauan Nusa Tenggara, yang mana pulau tersebut masuk ke dalam kawasan “Taman Nasional Komodo” bersamaan dengan Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Motang, dan masih ada banyak lain pulau-pulau kecil. Dilihat secara administrative, Pulau Komodo ini ada di kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pulau Komodo ini adalah habitan asli dari binatang komodo, sejenis kadal besar pemakan daging. Di sinilah akan Anda temukan lebihn dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Sangat penting seali untuk berkeliling bersama dengan seorang pemandu untuk alasan keselamatan selama ada di kawasan Pulau Komodo ini.

 

Komodo ini sendiri adalah binatang reptile jenis kadal raksasa yang memiliki ukuran panjang sekitar 2 hingga 3 meter dengan berat sekitar 100 hingga 165 kg. Yang mana binatang tersebut mempunyai nama ilmiah sebagai “Varanus Komodoensis” sedangkan oleh warga setempat menyebut binatan tersebut dengan nama “Ora”. Apabila dilihat, komodo ini memang tampak sangat menyeramkan, dengan badannya yang besar, kukunya yang tajam, kulitnya yang bersisik, dan juga mempunyai lidah bercabang dua yang selalu menjulur keluar. Mangsa utama dari hewan tersebut adalah kuda, babi, rusa, musang, beruk, dan kerbau.

Apa yang dapat Dilakukan di Pulau Komodo

Trekking di Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Di Pulau Komodo ini tidak hanya berisikan binatang komodo saja, akan tetapi masih ada banyak binatang lainnya yang juga menghuni pulau tersebut, seperti rusa, kuda, biawak, ular, berbagai spesies burung, dan lain sebagainya. Salah satu cara paling tepat untuk bisa menikmati pulau satu ini adalah dengan melakukan trekking. Anda nantinya akan dapat melihat binatang tersebut pada saat trekking di Pulau Komodo.

Baca Juga : 8 Panduan Tips Liburan ke Pulau Komodo Murah

Pada sat trekking ke Pulau Komod, Anda nantinya akan diajak untuk mendaki gunung ara yang mempunyai tinggi sekitar 538 mdpl. Anda juga akan lewati water hole, ini adalah tempat minum dan juga tempat beristirahat komodo. Di sinilah Anda bisa saksikan komodo-komodo dihabitat aslinya yang sedang minum atau pun berteduh di bawah pepohonan sekitar.

Memiliki 4 jalur trekking yang dapat Anda pilih, dari short, medium, dan juga long hingga adventure. Panjang jalur trekking di Pulau Komodo sekiatr 1 hingga 8 km, ini tergantung dari jenis yang Anda pilih. Bila memang memilih long dan juga adventure, maka Anda nantinya akan diajak lewati hutan, sungai, serta perbukitan indah. Sedangkan untuk jalur short, perjalanan Anda akan berakhir di atas bukit dengan pemandangan teluk. Tapi, semua jalur trekking tersebut akan lewati water hole sehingga Anda tidak usah bingung memilih jalur yang mana.

Baca Juga :   5 Makanan Khas NTT dan Penjelasannya Adalah Kolo, Catemak Jagung DLL

Selama trekking di Pulau Komodo ini, Anda bersama rombongan akan ditemani ranger atau pemandu dan pawing komodi. Ranger ini akan membekali Anda dengan sebuah tongkat yang bagian ujungnya bercabang dua. Tongkat tersebut berasal dari satu jenis pohon yang bisa dikatakan dapat melemahkan komdo. Bila komodo menyerang atau pun tiba-tiba saja mendekat, Anda bisa menggunakannya untuk menekan bagian leher komodo, dalam waktu singkat saja komodo akan melemah dan berhenti untuk menyerang.

Baca Juga : 42 Tempat Wisata Batu Malang dan Sekitarnya Terbaru dan Murah

Menyelam dan snorkeling di Pulau Komodo

Pulau Komodo ini tidak hanya tawarkan keindahan alam daratannya saja yang luar biasa. Akan tetapi, alam bawah laut di sini juga tidah kalah indahnya. Memiliki lebih dari 367 jenis terumbu karang, 70 bunga karang, rumput laut yang banyak, penyu hijau, beragam ikan cantik, paus, hiu, lumba-lumba, dan lain sebagainya.

Spot Menyelam Terbaik di Pulau Komodo

Alam bawah di laut Pulau Komodo ini disebut juga sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Pada saat menyelam atau pun snorkeling, Anda bisa saksikan keindahan biota laut yang kaya dan sangat beragam. Dan dari sekian banyaknya titik penyelaman hanya 3 titik menyelam terbaik di sini, diantaraya sebagai berikut :

Batu samsia

Ini merupakan salah satu titik penyelaman yang jadi favorit, Anda bisa menyusuri serangkaian saluran air serta bisa berinteraksi dengan hiu, kura-kura, dan beragam ikan kecil.

Baca Juga :   8 Panduan Tips Liburan ke Pulau Komodo Murah
diving di batu samsia via:hoteldanwisata

Toko toko

Ini juga disebut sebagai istana batu dalam air. Ada di kedalaman sekitar 7 meter dibawah permukaan laut, Anda dapat menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai warna serta ikan-ikan yang bereang diantara karang-karang cantik.

Cystal rock

Titik satu ini juga jadi favorit bagi para penyelam, ada di kedalaman sekitar 5 meter di bawah permukaan laut, Anda dapat temukan katak ikan, parrotfish, barramundi, dan juga beberapa jenis ikan yang lainnya. Waktu terbaik untuk menyelam di Pulau Komodo adalah bulan Maret hingga Desember.

Harga Paket Diving di Labuan Bajo

Banyak sekali yang mencari informasi mengenai harga paket Diving saat di Labuan Bajo. Berikut kami lampirkan beberapa harga Labuan Bajo:

Demikian informasi tentang wisata Indonesia Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginsprasi liburan Anda.

Artikel Lainnya

Tags

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close