Jawa Timur

13 Wisata Kediri Terpopuler Yang Sayang Dilewatkan

Kota Kediri kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Tidak jauh berbeda dengan Malang, ternyata kota tersebut punya beberapa tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut wisata Kediri apa saja yang bisa dicoba untuk dikunjungi salah satunya.

Monumen Simpang Lima Gumul

simpang lima gumul

Salah satu tempat wisata Kediri yang terpopular adalah monumen Simpang Lima Gumul. Simpang Lima Gumul ini cukup popular karena penampakan fisiknya yang menyerupai monument L’Arc de Triophe yang ada di paris. Hal ini pun sekaligus menjadi daya tarik tempat tersebut. Monumen ini berada di Desa Tugu Rejo, Ngasem Kediri.

Pada dinding monumen Simpang Lima Gumul ini diukir semacam relief yang menggambarkan tentang sejarah kota Kediri. Beberapa bagian juga menceritakan seputar kehidupan Ganesha. Pengunjung tidak hanya bisa berfoto di area monumen. Pada bagian dalam monumen juga terdapat seperti auditorium serta ruang serbaguna yang bisa diperuntukkan bagi pengunjung.

Tempat ini mengharuskan pengunjung membayar biaya tiket masuk sebesar 2000 rupiah per orang. Monumen ini juga terletak pas pada 5 pertemuan jalan yang menuju 5 daerah di kota Kediri. Oleh karena itu, daerah ini cukup ramai, apalagi di hari libur atau akhir pekan.

Baca Juga : 15 Destinasi Wisata Semarang Yang Wajib Dikunjungi

Goa Selomangkleng

goa selomangleng                                              

Selanjutnya ada Goa Selomangkleng. Goa ini berada di Jalan Mastrip, tepatnya di kota Kediri. Selomangkleng sendiri awalnya berasal dari bahasa jawa “Mangkleng” yang artinya miring, sehingga dapat diartikan sebagai batu miring. Meskipun begitu, goa ini sebenarnya memang miring karena letaknya yang berada pada lereng bukit.

Masyarakat percaya jika goa ini merupakan tempat Kilisuci yaitu putri Raja Erlangga mengasingkan diri karena tidak mau naik tahta. Bagian goa ini dibagi menjadi 3 yaitu kanan, kiri, dan tengah. Bau dupa banyak mendominasi aroma di dalam goa sehingga terkesan mistis. Bagi yang kurang suka suasana mistis mungkin tidak nyaman.

Namun pada dinding goa cukup banyak terdapat relief yang cantik walaupun sudah mulai pudar dimakan usia. Bahkan banyak pakar relief luar negeri kesulitan menemukan makna dari relief tersebut. Masuk Goa ini pengunjung harus membayar sebesar 4000 rupiah untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak 2.500 rupiah saja.

Kolam Renang Tirtoyoso Kediri

taman tirtoyoso park

Kolam Renang Tirtoyoso ini merupakan salah satu wisata air yang cukup diminati di Kediri. Tirtoyoso dibangun diatas lahan seluas kira-kira 7,8 hektar. Untuk lokasi tepatnya yaitu Jln. Ahmad Yani, sebelah lapangan Brawijaya. Tempat ini telah banyak dilakukan perbaikan dan renovasi, sehingga makin lengkap.

Lokasi kolam renang ini sangat sejuk dan terasa teduh. Cocok digunakan pengunjung untuk bersantai sembari berenang dan menikmati beberapa wahana air yang disediakan. Jangan takut, pengelola juga telah menjamin kebersihan serta keamanan kolam sehingga pengunjung akan merasa nyaman.

Masuk kolam renang ini pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk 20.000 per orang untuk hari kerja. Sayangnya tempat ini menerapkan tarif berbeda saat weekend, sedikit lebih mahal dari hari biasa. Untuk weekend pengunjung harus mengeluarkan uang 22.000 untuk dapat masuk ke wahana kolam renang terfavorit di Kediri ini.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur dan Alamatnya Yang Bagus : Gunung Kelud Air Terjun Dolo DLL

Gumul Paradise Island

gumul paradise island

Selanjutnya merupakan salah satu wisata keluarga di Kediri yaitu Gumul Paradise Island. Letaknya memang tidak jauh dengan monumen simpang lima gumul. Untuk alamatnya sendiri ada di Desa Tuhurejo, Kecamatan Gampingrejo, Kediri. Tempat ini cukup populer baik oleh masyarakat kediri maupun luar kota.

Baca Juga :   5 Destinasi Wisata Di Batu Malang Bertema Alam

Pengunjung dapat menikmati aneka wahana yang disediakan oleh pengelola di tempat ini. Misalnya beberapa permainan seperti slide kecepatan, cetakan luar ruangan, kolam tumpah, flying fox, dan masih banyak lagi. Pengelola tempat ini juga sudah melengkapinya dengan fasilitas lengkap seperti toilet, masjid, food court, dan lainnya.

Namun pengunjung harus merogoh kocek sedikit lebih mahal ketika berkunjung ke tempat ini saat akhir pekan. Pasalnya tiket masuk untuk hari biasa dan akhir pekan sedikit berbeda. Untuk hari biasa, pengunjung dikenakan tarif 35.000 per orang. Namun setiap akhir pekan, pengunjung harus membayar 5000 rupiah lebih mahal yaitu 40.000 rupiah.

Sumber Ubalan

sumber ubalan kediri

Bagi yang berminat dengan wisata alam, Sumber Ubalan ini bisa jadi tempat yang paling favorite di Kediri. Sebenarnya salah satu wisata Kediri Sumber Ubalan ini merupakan kawasan hutan lindung. Namun di dalamnya turut dibangun fasilitas yang memadahi sehingga menjadi wahana wisata. Fasilitas lengkap sudah disediakan pengelola.

Diantaranya adalah panggung hiburan, kolam renang, kolam perahu. taman bermain. Daya tarik utama tempat ini adalah keberadaan sumber mata air yang terkenal sangat jernih. Masyarakat sekitar percaya jika sumber air tersebut bisa membuat awet muda. Pengunjung dapat melihat sumber air tersebut sembari menikmati udara sejuk sekitarnya.

Sayangnya, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang maupun memancing di sumber mata air ubalan tersebut. Sumber Ubalan ini ada di desa Kalasan, Plosoklaten 15 km dr Kediri. Tiket masuk Sumber Ubalan bagi pengunjung dewa dikenakan 10 ribu, sedangkan 8 ribu rupiah untuk anak-anak.

Baca Juga : 30 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur Yang Indah Wajib Dikunjungi Daerah Tabanan Blitar Wates Kandangan

Gunung Kelud

Apabila belum cukup puas dengan wisata alam yang sebelumnya, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mengunjungi Gunung Kelud. Perlu diketahui, bahwa gunung kelud merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Gunung ini baru saja meletus sekitar tahun 2014 lalu yang cukup membawa efek di area Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di balik aktifnya gunung tersebut, tersimpan elok dan cantiknya pemandangan sekitar area gunung. Bagi yang senang kegiatan pendakian, gunung ini cukup bisa menjadi rekomendasi. Namun bagi yang kurang suka mendaki, jalan menuju puncak kelud sebenarnya bisa dilalui dengan kendaraan tanpa harus tracking.

Oleh karena itu tempat ini sangat ramai pengunjung apalagi musim liburan, sehingga kurang privat bagi yang kurang suka keramaian. Untuk tiket masuk gunung kelud ini cukup terjangkau. Tiket masuk yang harus dibayar sebesar 5.000 rupiah saja per orang.

Candi Sowono

Candi Suwono merupakan salah satu wisata Kediri yang berbasis budaya dan sejarah. Objek wisata ini beralamatkan di dusun Surowono, Canggu, Pare yang masih merupakan daerah Kediri. Candi Sowono ini merupakan Candi Hindu yang dibangun sekitar abad 14. Pembangunan candi ini dimaksudkan untuk memuliakan Raja Bhre yang meninggal tahun 1388 masehi.

Ukuran candi ini memang tidak terlalu besar, mungkin hanya memiliki luas sekitar 8×8 meter saja serta menghadap ke barat. Candi Suwono ini sama dengan candi pada umumnya, yang menyimpan nilai sejarah yang bisa dipelajari jika berkunjung ke sana. Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa melihat-lihat area candi semaunya.

Oleh karena pihak pengelola tidak menetapkan biaya untuk bisa masuk ke salah satu objek wisata Kediri ini. Namun jika pengunjung berkenan, dapat memberikan sumbangan sukarela. Setelah itu, bagi pengunjung yang telah menyumbang akan dipersilahkan untuk mengisi buku tamu oleh juru kunci candi tersebut.

Baca Juga :   60 Wisata Batu Malang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Air Terjun Dolo

Jika masih ingin mencari wisata Kediri yang bertema alam, kunjungi saja air terjun Dolok. Air terjun ini berlokasi di Desa Jugo, tepatnya di kecamatan Mojo, Kediri. Dari pusat kota Kediri jaraknya 25 km. Treck untuk bisa masuk ke air terjun ini cukup jauh jaraknya. Ini mungkin yang bisa menjadi tantangan bagi pengunjung.

Pengunjung harus berjalan kaki dan menuruni beberapa anak tangga. Namun jika sudah sampai lokasi, pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah. Disertai udara sejuk khas pegunungan yang menambah kenyamanan bersantai. Air terjun ini dikenal punya volume air yang tidak terlalu banyak, bersuhu sangat dingin.

Pengunjung dapat mencoba untuk bermain-main air serta menikmati fasilitas lain. Seperti mencoba track jongging, bermain di play ground, maupun mencoba sensasi camping ground. Pengelola juga telah menyediakan fasilitas penunjang lain seperti mushola, toilet, serta warung makan.

Untuk bisa masuk tempat ini pengunjung perlu membayar biaya sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Jadi ketika weekend atau bukan hari kerja sangatlah ramai sehingga kurang nyaman karena berdesakan. Sebaiknya pilih hari kerja saja jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Museum Fotografi

Jika kebetulan suka dengan fotografi, salah satu wisata Kediri yaitu museum fotografi ini layak untuk coba dikunjungi. Di dalamnya terdapat banyak sekali jenis foto yang dipanjang. Tentunya masing-masing punya cerita sendiri. Semua foto dipajang dengan apik serta ditata rapi. Apalagi ditambah dengan pencahayaan yang menarik membuat foto terlihat lebih artistic.

Museum ini lokasinya berada di jalan Kapten Piere Tendean No.60/160, Kediri. Sebenarnya di dalam museum ini tidak hanya foto saja yang dipamerkan pada pengunjung. Terdapat juga beberapa kamera, diantaranya ada kamera antik, jenis kamera saku, hingga yang paling canggih sekalipun. Intinya perkembangan kamera dari waktu ke waktu.

Beberapa foto yang ditampilkan di museum ini memang didominasi oleh foto perkembangan kota Kediri dari masa ke masa. Pengunjung secara tidak langsung bisa melihat perkembangan kota Kediri mulai dari zaman dahulu sejak masih kerajaan hingga sekarang. Sayangnya untuk masuk ke tempat ini pengunjung sedikit membayar mahal, yaitu sekitar 50.000 rupiah.

Gunung Klotok

Tidak hanya gunung kelud saja, ada gunung klotok yang juga merupakan salah satu objek wisata Kediri terpopuler. Gunung yang merupakan gugusan pegunungan wilis ini terletak di kelurahan pojok, kecamatan Mojoroto Kediri. Menurut bahasa jawa gunung ini berasal dari kata kolo yang berarti bahaya serta tok yang artinya saja.

Jadi gunung klotok bisa diartikan dengan gunung yang berbahaya. Puncak ketinggian gunung ini sekitar 538 mdl, tidak terlalu tinggi bagi seorang pendaki. Keunikan dari gunung ini adalah bentuk fisiknya yang seperti perempuan tidur. Sehingga banyak juga yang menjuluki Gunung Klotok sebagai si Cantik yang tidur.

Selain itu Gunung klotok ini juga punya daya tarik tersendiri. Salah satunya yaitu keberadaan satu buah bendera merah putih besar yang letaknya ada di salah satu sudut gunung. Bendera ini terbentang luas dan bisa dilihat dari jauh. Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi gunung ini.

Walaupun hanya untuk sekedar berfoto dan mengabadikan diri. Tiket masuk untuk mencapai puncak gunung ini memang cukup murah. Namun dibedakan menurut hari biasa dan akhir pekan. Tiket masuk untuk akhir pekan sedikit lebih mahal. Untuk hari kerja tiket masuk sekitar 2000 rupiah, sedangkan akhir pekan 4000 rupiah.

Kediri Waterpark

Salah satu wisata Kediri yang juga menjadi andalan yaitu Kediri Waterpark. Lokasi Kediri Waterpark ini sendiri yaitu di Desa Pagung, kecamatan Semen Kediri. Tempat ini sungguh sayang jika dilewatkan. Oleh karena Kediri waterpark bisa dikatakan merupakan wahana bermain air terbesar di jawa timur.

Baca Juga :   Pantai Ngliyep di Malang Selatan 2018 + Info Rute Map Peta dan Harga Tiket Masuk

Betapa tidak, saah satu wahana yang dimilikinya merupakan water slide merupakan yang paling panjang se Indonesia. Apa lagi Kediri waterpark ini juga punya wahana air berupa water slide yang kabarnya berukuran terpanjang se asia. Selain itu terdapat juga sebuah monorail, serta gondola yang merupakan penghubung 2 bukit untuk menuju waterslide.

Pada dasarnya konsep pembangunan Kediri waterpark mengusung 2 jenis yaitu wahana air dan non air. Untuk hari biasa biaya tiket masuk yang dikenakan yaitu 50.000 rupiah per orang. Sementara saat akhir pekan pengunjung dikenakan biaya lebih mahal yaitu 70.000 rupiah per orang.

Wahana air yang termasuk wisata Kediri ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam. Jika melihat banyaknya wahana di dalamnya, buka pukul 10 mungkin terlalu siang. Jika buka lebih pagi mungkin pengunjung bisa semakin puas untuk menjelajahi semua wahana yang disediakan.

Museum Airlangga

Belum cukup mengulik sejarah bisa mencoba berkunjung ke salah satu wisata Kediri ini, yaitu Museum Airlangga. Lokasi ada di Jalan Masrip tepatnya No. 1 Kediri. Ada banyak koleksi yang dipajang di tempat ini. Ada arca, maupun benda purbakala lainnya. Tentunya masih seputaran jaman kerajaan mataram hindu yang menduduki Kediri dulu.

Nama airlangga sendiri sebenarnya di dapatkan dari nama seorang raja kahuripan yang lahir di Bali sekitar belahan tahun 1049. Kebetulan beliau memerintah dari tahun 1009-1042. Raja Airlangga pun sempat mendapat gelar pada masa itu.

Sebenarnya, museum ini dibangun sejak tahun 1990, namun baru selesai sekitar tahun 1992. Memang cukup banyak koleksi yang dipajang di museum ini. Namun beberapa koleksi pernah ditemukan mengalami kerusakan. Kemungkinan akibat kurang diurus dengan baik. Koleksinya diantaranya ada kalamakara, guci, tembikar kuno, relief dan lain-lain.

Museum ini ternyata masih satu kawasan dengan wisata goa selomangkleng. Agar dapat memasuki museum ini pun pengunjung perlu membayar biaya masuk. Namun biaya masuk yang dikenakan cukup terjangkau. Yaitu hanya sekitar 4000 rupiah saja per orang.

Taman Air Pagora

Salah satu objek wisata Kediri lainnya yaitu Taman Air Pagora. Tempat ini sebetulnya merupakan perpaduan antara kolam renang dengan wahana bermain anak. Lokasi tepatnya ada di Banjaran, Kediri yaitu tepat di depan stadion Brawijaya.

Untuk luas areanya memang cukup besar untuk ukuran wahana air. Namun, sepertinya perlu perbaikan beberapa fasilitas. Seperti banyak wahana yang mulai mengelupas catnya sehingga bisa melukai anak-anak karena berkarat. Selain kolam renang dan wahana air, yang menjadi andalan tempat ini adalah sebuah mini zoo.

Walaupun desainnya lumayan sederhana, namun mini zoo punya koleksi hewan yang cukup beragam. Beberapa hewan tersebut juga nampak sehat dan terawat. Untuk masuk ke taman air Pagora ini tentu saja pengunjung harus membayar biaya masuk.

Bagi pengunjung anak-anak dikenakan biaya sebesar 12 ribu rupiah. Sedangkan orang dewasa sekitar 15 ribu rupiah. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Itulah beberapa wisata Kediri yang cukup popular dikunjungi para wisatawan. Maka tidak ada salahnya untuk mengunjunginya salah satu atau semuanya. Tempat-tempat tersebut bisa menjadi rekomendasi. Jangan lupa untuk lebih dulu menyiapkan segala keperluannya. Dengan begitu, liburan bisa menjadi lebih menyenangkan dan aman.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh