Jawa Barat

15 Wisata Kuliner Kaki Lima di Bandung Paling Ramai dan Banyak diburu

Wisata Kuliner Bandung – Liburan diluar kota berarti kamu mempunyai peluang untuk berwisata kuliner. Buat yang merencanakan berlibur ke Bandung, semestinya kamu sediakan waktu yang cukuplah banyak karena Kota Kembang ini mempunyai banyak tempat makan enak untuk didatangi, termasuk juga warung kaki lima.

Dari waktu ke waktu, jumlahnya warung kaki lima di Bandung yang jual makanan dengan kualitas bintang lima makin banyak. Semua tawarkan makanan lezat dengan keunikan semasing. Buat kamu yang tertarik berwisata kuliner kaki lima di Bandung, berikut beberapa referensi yang sangat ramai pengunjung:

Nasi Goreng Bistik Sapi AA

nasi goreng bistik sapi bandung
Foto @baksomalanglanggeng

Kelihatannya hampir semua daerah di Indonesia mempunyai kuliner nasi goreng dengan ciri khasnya. Nah, di Bandung kamu dapat temukan nasi goreng yang diberikan dengan bistik sapi di Nasi Goreng Bistik Sapi AA. Satu bagian sajian terbagi dalam nasi goreng, bistik, kentang goreng, dan potongan buncis serta wortel rebus.

Tidak hanya nasi goreng bistik, kuliner yang berada Jalan Astanaanyar 264 ini dapat menyiapkan menu nasi lainnya seperti nasi capcai, nasi cah jamur, serta nasi bihun goreng. Harga nya sajian kaki lima disini dari mulai seputar Rp19.000 saja, lho!

Seblak Bunda

seblak bunda bandung
Foto @menolakdiet

Jadi salah satunya kuliner ciri khas Bandung favorite pengunjung, seblak dapat dengan gampang kamu dapatkan di beberapa ruas jalan. Seblak adalah kuliner berbentuk kerupuk basah dengan penambahan topping, yang lalu disiram dengan kuah pedas dan gurih. Dari banyaknya penjual seblak, salah satunya yang terenak ialah Seblak Bunda di Jalan H. Kurdi II Gang 10 No 4. Kuliner kaki lima ini buka jam 09:00 – 18:30 (Selasa tutup).

Salah satunya kelebihan Seblak Bunda ialah jumlahnya pilihan topping yang di tawarkan. Dari mulai kerupuk, makaroni, kwetiau, mi, bihun, bakso sapi, sosis, ceker ayam, tahu kering, siomay, bakso ikan, sampai cimol dapat kamu pilih untuk lengkapi satu mangkok seblak. Harga satu bagian sajian ini dari mulai Rp8.000, bergantung dari topping yang kamu pilih.

Sate Anggrek

sate anggrek bandung
Foto @foodgallerybdg

Bila tengah ada di seputar Jalan Anggrek, Cihapit, mampirlah ke Sate Mirah Bandung atau yang lebih populer dengan nama Sate Anggrek. Disini, tempat pembakaran sate dapat berisi sampai 100 tusuk sekaligus juga. Menjadi, kamu menjadi tidak butuh lama menanti pesanan sate tuntas dibuat.

Sate Anggrek jual bermacam type sate, dari mulai sate ayam, kambing, sapi, serta sate telur. Tempat makan ini dapat menyiapkan soto sulung ciri khas Madura menjadi rekan makan sate. Harga satu bagian sate berisi 10 tusuk serta nasi di Sate Anggrek cukuplah dapat dijangkau, cuma seputar Rp15.000 – Rp20.000. Dengan demikian, kamu dapat makan senang tanpa takut kantong jebol!

Baca Juga : 13 Referensi Restoran Steak Terbaik di Bandung

Baca Juga :   5 Objek Wisata di Cirebon Jawa Barat Dekat Stasiun dan Sekitarnya Yang Indah dan Murah

Bebek Ali Borromeus

Bebek Ali Borromeus
Foto @bubueataway

Di seberang RS Santo Borromeus, persisnya di Jalan Hasanuddin, ada suatu warung nasi bebek bernama Bebek Ali Borromeus. Kuliner kaki lima ini demikian populer karena perasaan bebek yang enak, dagingnya lunak, serta tidak amis. Makin sukses, sekarang warung kaki lima nasi bebek ini sudah buka rumah makan di Jalan Teuku Umar Blok 60 No 40.

Untuk satu bagian nasi bebek, kamu cuma butuh mempersiapkan uang seputar Rp20.000. Dengan harga yang begitu dapat dijangkau, kamu bisa nikmati sajian lezat berisi nasi, bebek, sambal, serta lalapan. Jika tidak hasrat dengan menu bebek, kamu dapat juga pesan menu nasi serta ayam goreng. Bila ingin bertandang, kamu dapat hadir ke warung kaki lima ini jam 10:00 – 23:00 (terkecuali Jumat, buka jam 13:00 – 23:00).

Kupat Tahu Gempol

kupat tahu gempol
Foto @lets.go.eat

Telah berjualan semenjak tahun 1975, Kupat Tahu Gempol diketahui menjadi salah satunya kuliner kaki lima legendaris di Bandung. Buka semenjak jam 06:00 di Jalan Gempol Kulon No 53, Citarum, umumnya pengunjung hadir pesan ketupat tahu untuk sarapan. Menjadi, janganlah heran jika semenjak pagi telah tampak antrean ditempat makan ini.

Satu bagian Kupat Tahu Gempol di jual dengan harga kira-kira Rp15.000. Dalamnya terbagi dalam potongan ketupat, tahu goreng, taoge, lantas disiram dengan bumbu kacang yang kental serta gurih. Tidak tertinggal, kerupuk serta taburan bawang goreng akan membuat Kupat Tahu Gempol berasa makin enak.

Nasi Campur 88

nasi campur 88
Foto @bia_myu

Sempat berjalan-jalan ke pusat kuliner Sudirman Street? Nah, tidak jauh dari sana, persisnya di Jalan Cibadak No 152, ada suatu kuliner kaki lima yang menarik untuk dicoba bernama Nasi Campur 88. Demikian enak nasi campur yang di jual disini membuat beberapa pengunjung ikhlas antre panjang, ditambah lagi waktu akhir minggu.

Masalah harga, kamu butuh sediakan uang seputar Rp40.000 untuk memakan satu bagian nasi campur berisi nasi putih, daging babi, daging ayam suwir, samcan, telur kecap, bakso goreng, serta otak-otak. Ada pula sambal pedas yang akan meningkatkan kelezatan nasi campur kamu. Ingin tahu ingin coba? Kamu dapat hadir langsung ke Nasi Campur 88 jam 18:30 – 24:00, ya!

Baca Juga : 10 Rumah Makan di Bandung dengan Pemandangan Super Keren

Batagor Hanjuang

Foto Gotravelly

Sama dengan seblak, batagor (bakso tahu goreng) juga adalah salah satunya kuliner ciri khas Bandung sebagai favorite wisatawan. Ada yang kurang rasa-rasanya jika liburan ke Kota Kembang ini tanpa makan batagor. Nah, jika ingin coba batagor yang enak dengan harga ramah kantong, kamu dapat berkunjung ke Batagor Hanjuang di Jalan Astina No 17, Cicendo, persisnya di muka RM Anugerah.

Batagor Hanjuang dibikin memakai tenggiri, hingga cita rasa-rasanya gurih. Sesudah digoreng sampai garing, batagor lalu diberikan dengan bumbu kacang. Supaya makin enak, batagor serta bumbu kacang juga dikasih kecap manis serta perasan jeruk nipis. Masalah perasaan, intinya enak!

Ayam Bakar Madu Warung 97

Di lokasi Jalan Rajiman, persisnya di seberang BornGa, ada suatu kuliner kaki lima bernama Warung 97. Tempat makan ini jual ayam bakar madu yang demikian favorite di kelompok pengunjung. Umumnya, beberapa pengunjung juga pesan nasi uduk menjadi rekan makan ayam bakar.

Tidak hanya ayam bakar serta nasi uduk, Warung 97 juga jual beberapa menu lainnya yang tidak kalah enak, seperti pecel lele, sate usus, ati, serta ampela. Disini, kamu juga harus coba kol goreng yang dibuat sampai garing ya!

Bakso Malang Cipaganti

Ingin makan bakso Malang waktu liburan di Bandung? Tenang, kamu langsung bisa hadir ke Bakso Malang Cipaganti! Pada tahun 1978, Bakso Malang Cipaganti di jual lewat cara dijajakan. Sesudah dua tahun, pemiliknya akan memutus untuk buka dua warung di Jalan Cipaganti serta perempatan Pasteur.

Tidak hanya telah buka lumayan lama, Bakso Malang Cipaganti demikian populer karena perasaan baksonya yang begitu enak. Pembuatan baksonya tidak memakai bahan kimia, hingga aman buat kamu mengkonsumsi. Teksturnya juga cukuplah empuk karena memakai daging sapi sisi paha untuk bakso daging serta daging sisi iga untuk bakso urat. Tertarik untuk mencobanya?

Bakmi Lezat Gang Luna

Kuliner kaki lima satu ini terdapat di gang lokasi Jalan Sudirman. Walau demikian, kamu tidak butuh bingung mencarinya karena ada papan nama “Bakmi Lezat” persis di samping kiri sebelum Martabak Nikmat Andir. Sehari-harinya, Bakmi Lezat Gang Luna buka jam 06:00 – 22:00 WIB.

Ada bermacam menu bakmi yang dapat kamu pesan disini. Beberapa salah satunya ialah mi polos, mi pangsit, mi rica bakso, serta mi rica istimewa. Jika ingin, kamu dapat juga meningkatkan pangsit goreng serta kerupuk supaya tanpa nikmat. Harga satu bagian bakmi ini cuma seputar Rp19.000 saja. Cukuplah dapat dijangkau, kan?

Lotek Kalipah Apo 42

Lotek memang tampak hampir serupa pecel, tapi ke-2 kuliner itu mempunyai isi yang berlainan. Di Lotek Kalipah Apo 42, seporsi lotek berisi kol, taoge, kacang panjang, kangkung, bayam, nangka muda, lontong, serta tempe. Beberapa isian itu akan disiram bumbu kacang beraroma kencur. Satu bagian lotek disini di jual dengan harga seputar Rp16.000.

Tidak hanya lotek, wisata kuliner kaki lima di Bandung ini dapat jual menu lainnya seperti asinan sayuran, asinan buah, rujak buah, serta gado-gado. Jika tertarik coba, kamu langsung bisa hadir ke Jalan Kalipah Apo No 42 jam 08:30 – 17:00 tiap-tiap Senin – Sabtu (Minggu tutup).

Cuanki Serayu

Cuanki adalah singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Kuliner bakso ini dulunya dijajakan memakai gerobak dorong sekalian jalan kaki. Sekarang, umumnya pedagang cuanki berjualan dengan buka warung kaki lima, diantaranya di lokasi Jalan Serayu. Itu kenapa kuliner satu ini lalu diketahui dengan sebutan Cuanki Serayu.

Satu bagian cuanki umumnya terbagi dalam bakso, siomay, tahu, serta batagor. Harga semangkuknya seputar Rp15.000. Uniknya, tidak seperti umumnya bakso berkuah kaldu daging sapi, Cuanki Serayu disiram dengan kuah rebusan tulang ikan. Ingin tahu ingin coba? Kamu dapat hadir ke Warung Cuanki Serayu jam 11:00 – 19:00.

Bubur Gibbas

Biasanya, bubur di jual saat pagi hari untuk menu sarapan. Akan tetapi, Bubur Gibbas cuma dapat kamu jumpai jam 16:00 – 24:00 di Jalan Kebon Jati No 187, Andir. Harga buburnya juga cukuplah dapat dijangkau, dari mulai Rp12.000 per bagian.

Pilihan menu bubur yang di tawarkan cukuplah banyak. Kamu dapat pesan bubur polos, bubur campur cahkwe, bubur ayam biasa, bubur ayam campur kulit, sampai bubur ayam campur telur muda, ati, serta ampela.

Seafood Kiloan Bang Bopak

Siapa katakan makan seafood mesti mahal? Di Jalan Brigjen Katamso No 33, Cibeunying Kaler, ada suatu warung kaki lima yang jual beberapa masakan olahan sajian laut dengan harga dapat dijangkau. Sesuai dengan namanya, seafood disini tidak di jual per bagian, tetapi per kg. Harga 100 gr seafood umumnya seputar Rp25.000. Dengan demikian, kamu dapat sesuaikan hasrat serta bujet.

Asyiknya lagi, type sajian laut yang di jual di Seafood Kiloan Bang Bopak begitu bermacam, seperti kepiting, udang, cumi-cumi, bermacam ikan, lobster, sampai baby octopus. Sesudah pilih serta menimbang seafood, pesanan kamu akan dibuat dengan saus spesifik sesuai dengan hasrat. Kamu dapat pilih saus asam manis, saus padang, serta saus istimewa. Menarik, kan?

Bakmi Jogja Bengawan

bakmi jogja bengawan

Di Bandung, kamu dapat juga temukan kuliner bakmi Jogja. Salah satunya yang terunggul ialah Bakmi Jogja Bengawan di dekat bundaran Jalan Taman Pramuka. Bakmi kuah serta goreng disini saling enak, dengan kombinasi telur, sayur, serta taburan bawang goreng yang garing.

Menjadi rekan makan bakmi, janganlah lupa pesan nasgitel, yaitu singkatan dari “teh panas legi kentel” (teh panas manis kental). Tidak cuma itu, ada juga wedang ronde serta wedang jahe yang cocok diminum waktu hawa dingin.

Tidak cuma lezat, beberapa wisata kuliner kaki lima di Bandung yang telah dijelaskan barusan juga relatif murah hingga akan tidak membebankan biaya berlibur. Dengan demikian, kamu dapat manfaatkan biaya untuk kepentingan lainnya seperti berbelanja di factory outlets. Bila bingung memastikan tempat makan manakah yang ingin didatangi, kamu dapat memohon saran rekan-rekan atau keluarga dengan sharing artikel ini ya!

Artikel Lainnya

Tags

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker