Jawa Timur

30 Wisata Kuliner Surabaya Yang Recommended Dan Wajib Dikunjungi

Kota Surabaya yang dikenal dengan julukan “kota pahlawan “ ini memiliki sejuta wisata kuliner yang patut diacungi jempol. Kuliner Surabaya ini cukup khas dan wajib dicoba bagi yang berkunjung ke Surabaya. Dan cita rasa yang khas inilah yang akan membuat ketagihan

Namun, untuk menikmati kuliner yang ada di Surabaya perlu kesabaran ekstra untuk mengantri. Karena tempat kuliner akan selalu ramai dijejali pecinta kuliner. Oleh sebab itu, kali ini akan di bahas wisata kuliner Surabaya yang recommended dan wajib dikunjungi. Jangan sampai kelewatan ya!

Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

sego sambel wonokromo

Kuliner Surabaya yang pertama adalah sego sambel wonokromo mak yeye. Sesuai dengan namanya, kuliner ini berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 11, Surabaya. Di warung mak yeye ini menyediakan berbagai lauk pauk dengan sambel sebagai pelengkap. Adanya sambel inilah yang menjadi khas dari warung mak yeye.

Berbagai sajian nasi hangat, lauk pauk dan sambel ini dibandrol dengan harga mulai 10.000 per porsinya. Tentu, dengan harga murah juga porsinya cukup banyak. Sehingga menjadi minat tersendiri bagi berbagai kalangan yang ingin mencoba sego sambel mak yeye ini. Warung ini selalu buka dimulai jam 22.00-04.00.

Nasi Goreng Jancuk

nasi goreng jancuk surabaya

Nasi goreng ini memiliki keistimewaan tersendiri daripada nasi goreng pada umumnya. Rasa pedasnya inilah yang membuat setiap orang akan mengumpat dengan kata “jancuk”. Kata umpatan yang cukup khas bagi arek suroboyo. Oleh sebab itu, nasi goreng yang pedas ini diberi nama nasi goreng jancuk.

Nasi goreng ini sudah dapat dinikmati dengan harga 150.000 per porsinya. Namun, seporsinya dapat dinikmati dengan 4-5 orang. Dan tidak perlu khawatir, nasi goreng jumbo ini lengkap dengan toping pelengkapnya. Topingnya mulai dari telur, kornet,  acar, ayam suir, kerupuk, dan bawang goreng. Jadi, bagi yang berada di Surabaya bisa mampir ke Jl. Pemuda no.31-37 Surabaya.

Es Krim Zangrandi

es krim zangrandi

Setelah membahas kuliner dengan rasa pedas, mungkin tidak lengkap dengan makanan manis yang menggugah selera. Bagi pecinta es krim, bisa mencoba es krim zangrandi ini. Kedai es ini cukup legendaris di Surabaya yang posisi tepatnya di Jalan Yos Sudarso No. 15.

Meskipun kedai es ini didirikan oleh pria berkebangsaan Italia, Roberto Zangrandi. Namun, es krim zangrandi ini telah menjadi bagian dari kuliner Surabaya sejak tahun 1930. Es krim Zangrandi ini bisa dinikmati dengan harga mulai Rp. 24.000.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

soto lamongan cak har

Warung yang menyediakan soto lamongan ini berada di di Jl. Ir. Soekarno, Surabaya. Soto lamongan cak har ini selalu ramah dikunjungi wisatawan kuliner. Karena wisata kuliner ini cukup terkenal bahkan sudah beberapa kali masuk siaran TV.

Soto lamongan cak har ini sudah dapat dinikmati dengan harga Rp. 20.000 saja dan bisa memilih isian sesuai selera. Makanan santan kuah kuning dan rasanya yang gurih ini bisa dilengkapi dengan telur puyuh, sate, hati, dan ampela.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

lontong balap pak ndut

Kuliner Surabaya ini dapat dikunjungi di Jalan Kranggan No. 60 Sawahan, Surabaya. Sejak tahun 1956, lontong balap garuda pak gendut ini telah didirikan. Oleh sebab itu, lontong balap ini cukup melegenda di Surabaya. Bahkan seporsi lontong balap pun ditawarkan dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 12.000.

Baca Juga :   Pantai Sempu di Malang Jawa Timur, Ini Alamat Peta Rute Lokasi + Harga Tiket Masuk

Seporsi lontong balap ini dilengkapi dengan sate yang khas dari pak gendut. Selain itu, dilengkapi dengan tauge, lento dan bumbu petis yang gurih. Bumbu petis inilah yang menjadi keistimewaan tersendiri dari lontong balap garuda pak gendut.

Baca Juga : 14 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Murah Dan Seru

Rawon Pak Pangat

Wisata kuliner ini berada di Jl. Ketilang baru, atau bisa juga mengunjungi di Darmo Trade Center. Paduan nasi rawon dengan rawon krengsengan ini cukup lezat. Dan yang paling penting, harga yang ditawarkan murah meriah.

Karena rawon pak pangat ini bisa dinikmati dengan seharga Rp. 8.000 per porsinya. Sajian rawon dengan daging yang empuk ini pun menjadi incaran wisatawan kuliner. Selain itu, warung ini juga menawarkan menu lain yang tentunya tidak kalah lezat. Warung ini pun di buka mulai pukul 06.0- 21.00.

Sate Klopo Ondomohen Nyi Aseh

Sate klopo ini sedikit berbeda dengan sate pada umumnya. Jika dilihat dari namanya yaitu sate klopo, kata “klopo” ini adalah kelapa dalam bahasa jawa. Oleh sebab itu, sate ini dibalur dengan kelapa muda yang telah diparut dan disangrai.

Karena klopo inilah, ada sensasi krenyes-krenyes yang melengkapi daging yang sangat empuk. Selain itu, pilihan satenya pun cukup bervariasi seperti sate ayam, kambing, udang, jeroan, dan usus. Harga sate per porsinya pun dibandrol Rp. 20.000 yang pasti sesuai kantong dan cita rasanya.

Bebek Goreng Sinjay

Daging bebek yang empuk, lalapan, nasi anget, dan sambel mangga adalah paket yang pas untuk menggugah selera pecinta kuliner. Bebek goreng ini terkenal dengan nama “Bebek Goreng Sinjay”. Berlokasi di kawasan Ruko Njemur Sari, Ruko Pertokoan Baru, Jalan A. Yani No 166 bebek goreng ini dibandrol seharga Rp. 23.000. Harga murah meriah dan rasanya yang lezat menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner.

Bebek Tugu Pahlawan

Mungkin bagi pecinta kuliner yang sering berburu kuliner di malam hari. Bisa mencoba berkunjung ke bebek tugu pahlawan. Rumah makan yang berada di seberang jalan tugu pahlawan Surabaya ini menyajikan bebek goreng yang empuk. Bebek tugu pahlawan ini bisa dinikmati mulai dari pukul 18.00.

Meskipun bebek tugu pahlawan ini hanya buka malam hari, namun, tidak pernah sepi dari serbuan pecinta bebek tugu pahlawan ini. Karena bebek ini dibaluri dengan sambal khas dari bebek tugu pahlawan. Sambal yang digunakan adalah sambal mangga muda yang memberi sensasi asam, pedas dan manis. Dan bebek tugu pahlawan seharga 25.000 per porsinya.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Bagi pecinta kuliner rasa gurih, asam dan segar, bisa mencoba rujak cingur ahmad jais ini. Karena rujak cingur ini memiliki cita rasa yang khas. Sehingga banyak diburu wisata kuliner ketika berada di Surabaya.

Kuliner ini pun berlokasi di Jalan Ahmad Jais No. 40  Peneleh, Surabaya. Rujak yang berisi irisan hidung sapi yang direbus ini pun sangat empuk dan memberi sensasi rasa pedas, enak dan kenyal. Dan tentunya dilengkapi dengan sayuran dan sambal khusus yang akan membuat ketagihan untuk mencobanya kembali.

Bubur Ayam Suryo

Bubur ayam biasanya disajikan ketika sarapan pagi. Namun, warung ini berbeda dengan warung bubur ayam pada umumnya. Karena bubur ayam suryo ini dapat ditemui ketika malam hari yaitu sekitar jam 18.00-22.00. Meskipun begitu, warung ini selalu ramai dikunjungi pecinta bubur ayam.

Bubur dengan suwiran ayam, dan taburan bawang goreng serta kaldu ayam ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Sehingga tidak heran jika bubur ini banyak diminati. Bubur ayam Suryo ini dapat ditemui di Jl. Arjuno 124, Surabaya. Selain bubur ayam, warung ini juga menyajikan nasi bakmoy yang rasanya juga lezat.

Baca Juga :   40 Tempat Makan Wisata Kuliner di Malang Yang Buka Pagi 24 Jam Murah dan Enak Romantis Bisa Delivery 2019 Town Square

Kepiting Cak Gundul

Kuliner kali ini sudah berdiri hampir 27 tahun ini, cukup melegenda di Surabaya. Bahkan sejak tahun 1992, cita rasa dari kepiting cak gundul ini tidak pernah berubah. Restoran  ini juga menyediakan berbagai olahan seafood. Meskipun begitu menu utama dari restoran ini adalah kepiting.

Menu andalan dari warung ini adalah kepiting pedas manis. Jadi, bagi pecinta seafood tidak perlu bingung untuk mencari kuliner yang sesuai minatnya. Bisa mencoba berkunjung ke Jalan Raya Kupang Indah, Surabaya. Bahkan restoran ini sudah membuka cabang di berbagai kota di Indonesia.

Gado-Gado Arjuno

Bagi pecinta kuliner, mungkin sudah tak asing dengan makanan yang bernama gado-gado ini. Akan tetapi, gado-gado arjuno ini berbeda dengan gado-gado pada umumnya. Karena cita rasa gado-gado arjuno ini lebih khas.  Sehingga wajib untuk mengunjungi warung ini.

Warung yang terletak di Jalan Arjuno 127, Sawahan, Surabaya ini tidak hanya menyajikan gado-gado. Di warung ini juga menyediakan menu selain gado-gado seperti siomay, es kacang ijo dan lain-lain. Dan juga berbagai menu nasi campur yang dilengkapi berbagai macam lauk pauk.

Selain itu, untuk mencoba gado-gado arjuno pun tidak perlu merogoh kocek yang cukup besar. Karena dengan harga Rp 15.000-30.0000 sudah bisa mencoba gado-gado dan menu lain yang telah disediakan.

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon dengan potongan daging yang besar dan empuk ini mungkin tidak akan ditemui di warung-warung lain. Kecuali menikmati rawon setan yang ada di warung mbak endang ini, Oleh karena itu, warung ini tidak pernah sepi dari pembeli.

Warung yang terletak di Jalan Embong Malang, Surabaya ini cukup menarik pecinta kuliner dengan menu andalannya yaitu rawon. Sepiring nasi rawon ini pun diberi lauk pendamping sesuai pilihan pembeli seperti telur asin, ayam, tempe dan empal.

Mungkin mendengar nama rawon setan akan berpikir rawon memiliki rasa pedas. Akan tetapi, kata “setan” ini bukan berarti rasa pedas pada rawon. Namun, warung ini selalu buka di malam hari mulai jam 22.00.

Warung Nasi Cumi Waspada

Di Surabaya cukup banyak café ataupun restoran mewah. Namun, kuliner tradisional pun masih tetap ada dan banyak dikunjungi pembeli. Kuliner ini berada di Jalan Waspada, Pabean, Cantikan, Surabaya menyajikan berbagai makanan dengan olahan utama yaitu cumi.

Nasi hangat yang dilengkapi dengan semprotan tinta cumi ini isa dinikmati 24 jam. Karena warung ini akan buka 24 jam dengan berbagai menu yang lezat dan harga murah. Pada warung ini menyediakan 4 jenis nasi cumi. Mulai dari nasi biasa, nasi campur, nasi komplet dan nasi rawon cumi.

Pada menu biasa akan disajikan nasi, cumi dan dilengkapi peyek udang. Sedangkan menu nasi campur seperti nasi biasa dan ditambahi dengan empal dan telur. Dan paket komplit akan dihidangkan nasi biasa yang ditambahi mie goreng, usus, paru dan babat.

Namun, bagi yang tidak suka cumi pun tidak perlu khawatir. Karena di warung ini juga menyediakan nasi ayam, nasi paru dan nasi tongkol. Dan pastinya kelezatannya tidak akan kalah dengan nasi cumi. Dan untuk menikmati nasi cukup hanya sediakan uang sekitar 13.000 – 20.000.

Depot Bu Rudy

Di Surabaya juga terdapat warung yang menyediakan berbagai menu dan lauk pauk yang cukup lengkap dengan cita rasa khas dari Surabaya. Warung ini dikenal dengan nama depot bu rudy. Di depot ini akan menemukan sajian nasi yang berbagai macam.

Baca Juga :   4 Rental Mobil di Surabaya Bisa Lepas Kunci Atau Tanpa Supir Murah 2018

Namun, menu andalan dari depot ini adalah nasi empal udang. Karena dalam seporsinya sudah lengkap nasi hangat, udang tepung krispi, empal dan sambel bawang khas depot bu rudy. Di depot ini pun disajikan secara prasmanan. Dan nasi udang empal ini dihargai Rp. 20.000 per porsinya.

Depot yang berada di Jalan No. 140, Surabaya ini selalu ramai dipadati pembeli. Ketika berkunjung ke depot bu rudy bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Surabaya. Seperti sambal bawang, sambal terasi dan sambal ikan peda yang telah dikemas dengan higienis.

Tahu Campur Kalasan

Sesuai dengan namanya, kuliner ini terletak di Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya. Di warung ini menyediakan tahu campur. Makanan dengan olah utama tahu yang diberi campuran potongan daging, selada, taoge, mie kuning, lontong, perkedel singkong dan keripik udang ini wajib dicoba.

Karena campuran tahu dengan isiannya disiram dengan bumbu petis yang sudah menjadi khas dari warung ini. Oleh sebab itu, apabila sedang berkunjung ke kota pahlawan ini, perlu mampir dulu ke daerah kalasan. Agar tidak penasaran dengan kelezatan tahu campur kalasan. Tahu campur kalasan bisa dinikmati dengan membayar 12.000 saja dan buka pukul 11.00-22.00.

SBS

Di Surabaya juga terkenal dengan salah satu rumah makan yang menyediakan olahan belut. Pada warung ini belut diolah menjadi berbagai menu yang menarik pembeli. Seperti belut goreng, peyek belut, belut pedas manis dan pecel belut elek yang menjadi andalan dari warung ini.

Untuk menikmati olahan belut di SBS hanya perlu merogoh kocek 8.000 – 15.000 dan 2.500 untuk sepiring nasi hangat. Kuliner ini pun terletak di beberapa tempat yaitu Jl. Banyu Urip Kidul IV/39,Surabaya dan di Jl. H.R Muhammad No 249,Surabaya dan juga terletak di Jl. Ngagel Jaya Selatan No 119 Surabaya.

Pakuwon Food Festival

Food festival tersebar di Surabaya ini dinamai dengan pakuwon food festival. Karena festival ini menyediakan berbagai jenis makanan dari menu lokal hingga internasional dengan sekitar 100 stand. Pakuwon food festival bisa dikunjungi di perumahan citraland yang tepatnya di Jl. Kejawan Putih Mutiara X, Mulyorejo, Surabaya.

Stand yang ada di pakuwon food festival ini akan berjajar rapi dan mulai buka pada pukul 17.00 sampai 24.00. Di festival ini pun terdapat berbagai macam dessert yang bisa dicoba. Selain itu, dilengkapi berbagai wahana mainan. Jadi, sambil mencicipi berbagai makanan juga berkeliling santai.

G-Walk

Wisata kuliner ini berada di kawasan hunian elite Citraland, Surabaya. G-Walk yang memiliki kepanjangan Gapura Walkway ini telah berdiri sejak tahun 2005. Meskipun berada di perumahan elite. Makanan yang ditawarkan di tempa ini mulai dari 15.000.

Di tempat ini juga memiliki dekorasi yang menarik. Karena di G-Walk ini dibagi menjadi 2 bagian dengan konsep yang berbeda. Konsep pertama adalah western dan konsep yang kedua adalah nusantara. Oleh sebab itu, cukup menarik untuk sekedar berjalan-jalan dan mencoba makanan yang ada di G-Walk dengan harga yang terjangkau.

Surabaya yang terkenal dengan pusat perbelanjaan ini juga menyediakan berbagai jenis kuliner yang menarik. Selain itu, cita rasa yang khas dari Surabaya cukup kental di setiap makanannya. Oleh sebab itu, jika sedang berkunjung ke kota pahlawan ini, perlu mampir ke wisata kuliner Surabaya yang telah dibahas di atas.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker