Lombok

24 Wisata Lombok Yang Eksotis

Wisata Lombok merupakan salah satu keindahan dunia yang sungguh menakjubkan. Lombok terkenal dengan kealamian dan kecantikannya, baik alam maupun flora dan faunanya. Memiliki julukan “saudaranya Bali”, nyatanya Lombok juga memiliki banyak pantai yang tak kalah indahnya dengan Bali. Tak hanya pantai, Lombok juga memiliki banyak tempat wisata yang menakjubkan lainnya. Untuk berwisata ke Lombok, ada beberapa pilihan tempat yang bisa dikunjungi, diantaranya adalah dua puluh empat tempat berikut ini.

Air Terjun di Lombok

Air Terjun Benang Kelambu

air terjun benang kelambu

Wisata Lombok berupa air terjun indah salah satunya adalah air terjun Benang Kelambu yang memiliki titik air menyerupai tirai. Bentuk curahan airnya yang tidak langsung jatuh ke kolam, melainkan membentuk tingkatan menjadikan tempat ini begitu menakjubkan. Ditambah lagi dengan kerindangan pohon di sekelilingnya dan bebatuan yang memanjakan mata.

Air terjun Benang Kelambu terletak di kabupaten Lombok tengah, tepatnya di kecamatan Batu Keliang Utara, desa Aik Berik, dusun Pemotoh. Tiket masuk kawasan wisata ini sebesar 10.000 rupiah, terdapat pula jasa pemandu dengan harga sekitar 25.000 rupiah.

Di balik keasriannya, tempat wisata ini kurang dikelola, sehingga tidak ada rambu-rambu petunjuk di persimpangan jalan, sehingga menyusahkan pengunjung. Selain itu, kamar mandinya pun kurang terawat.

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

air terjun sendang gile wisata lombok

Tempat wisata Lombok dengan air terjun yang tinggi salah satunya adalah air terjun Sendang Gile yang tingginya sekitar 600 m. Di dekat kawasan air terjun tersebut terdapat air terjun Tiu Kelep yang memiliki ketinggian 42 m. Kedua dasar air terjun tersebut sama-sama tidak begitu dalam dan datar sehingga sangat cocok untuk bermain air dan mandi.

Air terjun Sendang Gile berlokasi di Lombok Utara, tepatnya di Senaru, Bayan. Harga tiket masuknya sebesar 10.000 rupiah dan dibuka dua puluh empat jam. Meskipun tempat ini begitu indah, sayangnya tidak ada penjual dan penginapan di sekitar air terjun. Oleh sebab itu, siapkan perlengkapan saat berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga : Pantai Senggigi Lombok, Tujuan Utama Wisata Pantai di Lombok

Bukit Pergasingan

bukit pergasingan wisata lombok

Bukit Pergasingan adalah wisata Lombok yang menyuguhkan pemandangan di atas bukit yang begitu menakjubkan dengan petak-petak sawah yang dikelilingi pegunungan. Pemandangan bak negeri di atas awan ini memiliki spot-spot foto yang sangat instagramable. Selain itu, udara di bukit ini sangatlah sejuk dan menyegarkan.

Lokasi bukit Pergasingan terletak di Sembalun Lawang, kabupaten lombok timur. Untuk masuk ke tempat wisata ini, tiket yang harus dibayar sebesar 10.000 rupiah. Panorama petak-petak sawah yang beraneka warna akan terlihat sangat indah saat musim kemarau. Oleh sebab itu, disarankan untuk berwisata ke bukit ini tidak saat musim hujan.

Bukit Selong

bukit selong lombok wisata

Wisata Lombok berupa perbukitan memang indah dan cocok bagi wisatawan yang tidak ingin mendaki terlalu tinggi. Salah satu bukit indah Lombok adalah bukit Selong yang memiliki pemandangan megah gunung Rinjani dan keelokan desa Sembalun. Di bukit ini juga disediakan spot-spot foto yang menarik.

Bukit Selong terletak di Lombok Timur, tepatnya di daerah Sembalun Lawang. Saat di perjalanan menuju bukit Selong ini terdapat desa Beleq yang juga merupakan objek wisata sekaligus situs peninggalan sejarah masa lalu. Biaya retribusi yang dikenakan pada wisatawan taman wisata Sembalun ini sebesar 5.000 rupiah.

Mentingi Bay Dome Villas

mentigi bay dome villa

Bangunan dari Mentingi Bay Dome Villas terlihat seperti kubah yang dikelilingi bunga dari luarnya. Sedangkan bagian dalamnya menyediakan kamar villa yang sangat nyaman untuk menginap dengan nuansa yang sangat unik. Villa yang terletak di atas tebing ini selalu memberikan pemandangan yang indah baik di siang maupun malam harinya.

Baca Juga :   Pulau Lombok Sejarah, Demografi Dan Objek Pariwisata

Lokasi dari villa ini berada Lombok Utara, tepatnya di Mentingi Bay, Tanjung. Untuk menuju Mentingi Bay Dome Villas, jalan yang dilalui cukup terjal dan memiliki beberapa tanjakan. Terdapat tiga jenis kamar yang berbeda, harga menginapnya mulai dari 2.000.000 rupiah.

Air Terjun Penimbungan

air terjun tiu kelep
foto: http://alimustikasari.com

Air terjun Penimbungan merupakan wisata Lombok yang sangat cantik. Keindahan air terjun ini dapat dinikmati saat mendaki gunung Rinjani. Lokasinya yang berada di pendakian Torean menjadikan tempat ini sering disinggahi wisatawan. Ketinggian air terjunnya sekitar 100 meter dari puncak bukit.

Meskipun air terjun ini sangat indah dengan warna toskanya yang kadang berkabut, keindahannya hanya bisa dinikmati dari atas lembah Sungai Putih. Hal ini dikarenakan air terjun ini dikelilingi tebing yang sangat curam dan juga udara yang dingin.

Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

pantai penyisok lombok

Pantai Penyisok yang seringkali disebut dengan surga tersembunyi ini termasuk wisata Lombok yang anti-mainstream. Pemandangan pantai yang berbatasan dengan samudera Hindia ini sangatlah indah. Tebing yang berlapis dan juga savana berpadu dengan indahnya biru laut begitu menawan dari pantai ini.

Pantai ini terletak di kabupaten Lombok Timur, tepatnya di desa Sekaroh, Jerowaru. Akses untuk menuju pantai ini cukup sulit karena jalannya yang berbatu dan becek terutama saat hujan. Selain itu, sangat jarang penjual makanan di sekitar pantai ini.

Pantai Wisata di Lombok

Pantai Seger Kuta

pantai seger lombok

Pesona dari pantai Seger Kuta memang sangatlah menawan dan tidak diragukan lagi. Mulai dari gugusan bukit yang cantik, pasir putih yang asri, karangnya yang masih terjaga, dan juga ombaknya yang sangat disukai peselancar.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti spot snorkeling, berenang, hingga bermain kano. Meski dapat berenang di pantai ini, hendaknya jangan berenang di bagian tengah karena ombaknya sangatlah besar.

Pantai Seger Kuta terletak di Kuta, Pujut, Lombok tengah. Harga tiket masuknya pun cukup murah sekitar 5.000 rupiah. Disarankan saat ke pantai ini membawa banyak makanan, karena jarang ada penjual makanan di pantai ini.

Pantai Selong Belanak

pantai selong belanak wisata lombok

Pantai Selong Belanak sering disebut sebagai ‘hawainya Lombok’. Pesona dari pantai ini terletak pada deretan perbukitan hijau yang mengelilinginya dipadukan dengan garis pantai yang unik. Garis pantai Selong Belanak berbentuk setengah lingkaran menyerupai bulan sabit, sehingga terlihat menawan dari atas.

Lokasi pantai ini terletak di desa Selong Belanak, kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Karena masih dalam masa pengembangan, pantai ini masih belum memiliki banyak fasilitas seperti pantai yang terkenal. Harga tiket masuk untuk ke pantai ini adalah sebesar 40.000 rupiah.

Pantai Semeti

 

pantai semeti lombokPantai Semetti memiliki spot-spot foto yang sangat menarik dan insatgramable. Dijuluki sebagai pantai Kryptopine, ternyata pantai ini memiliki tebing-tebing menyerupai tonggak-tonggak hijau terang di film Superman. Disela-sela tebingnya pula dapat dilihat banyak biota dalam laut sebagaimana aquarium.

Lokasi pantai Semetti terletak di jalan Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah. Jalan menuju pantai ini terkenal menantang, karena belum diperbaiki. Untuk memasuki pantai ini, pengunjung harus membayar sebesar 5.000 rupiah.

Pantai Senggigi

pantai senggigi lombok

Air laut pantai Senggigi sangatlah bersih dan jernih. Sehingga sangat cocok untuk berenang ataupun menyelam melihat biota laut. Hal yang tidak boleh dilewatkan dari pantai Senggigi adalah sunset dan juga sunrise-nya. Selain itu, di beberapa area pantai ini banyak pedangang yang menjual oleh-oleh seperti souvenir khas Lombok.

Pantai Senggigi berlokasi di jalan Raya Senggigi km 6-7, Batulayar, Lombok Barat. Harga tiket masuknya sebesar 15.000 rupiah. Fasilitas yang dimiliki pantai ini cukup lengkap, mulai dari cafe, penginapan, live music, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Pesona Gili Trawangan Lombok, Pulau Dengan Kecantikan Luar Biasa

Pantai Setangi

pantai setangi lombok

Setangi merupakan wisata Lombok yang cukup luas, asri, bersih, dan jernih lautnya. Aktivitas yang cocok dilakukan di pantai ini adalah olahraga pantai dan berenang. Deretan pohon Kelapa di sepanjang bibir pantai menjadikan semilir pantai ini sangatlah menyegarkan. Selain itu, akses menuju pantai ini sudah memiliki jalan yang bagus dan relatif aman.

Pantai Setangi terletak di jalan Masyarakat, Setangi, Malaka, Pemenang, Lombok Utara. Harga tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah. Di sekitar pantai ini terdapat pula penginapan. Pasir di pantai ini sekilas terlihat agak kehitaman dikarenakan berdekatan dengan pegunungan vulkanik.

Pantai Tangsi

pantai tangsi lombok

Pantai Tangsi kerap kali disebut dengan “pantai Pink”. Hal ini dikarenakan pasirnya yang berwarna pink yang menjadikannya daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, laut dari pantai Tangsi ini sangat jernih dan mempesona dikelilingi dengan pemandangan alam yang menawan. Tak heran, jika gradasi warna pantai ini menjadikannya sangat cantik dan instagramable.

Lokasi pantai Tangsi terletak di Sekaroh, Jeroawu, Lombok Timur. Untuk harga tiket masuknya sebesar 10.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 50.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Karena pantai ini masih belum terkenal seperti pantai lainnya, akses jalannya pun belum dikelola dengan baik. Sehingga jalan menuju pantai ini agak sulit.

Pantai Tanjung Aan

pantai tanjung aan lombok

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu wisata Lombok yang amat mempesona. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini, diantaranya adalah berenang, snorkeling, berjemur, bahkan mendaki bukit Marese. Untuk berkeliling mengendarai perahu di pantai ini cukup mahal, sekitar 400.000 rupiah.

Spot-spot foto di pantai ini juga sangatlah bagus dan menarik. Berdekatan dengan pantai-pantai lain, menjadikan akses menuju pantai ini cukup mudah. Lokasi pantai Tanjung Aan terletak di desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Lombok Tengah. Tiket masuknya pun gratis. Selain itu, terdapat pula penginapan di sekitar pantai ini.

Pantai Tebing

pantai tebing wisata lombok

Salah satu wisata Lombok yang unik dan menarik adalah pantai Tebing. Hal ini dikarenakan bentuk tebing-tebingnya yang indah di sepanjang pantai. Barisan-barisan tebing tersebut merupakan sisa-sisa dari endapan awan panas dan juga pengaruh tsunami akibat letusan gunung. Ombak cantiknya muncul pada jam 10.00 dan jam 15.00.

Lokasi pantai Tebing terletak di jalan Raya Bayan Rempek, Gangga, Lombok Utara. Harga tiket masuknya mulai dari 6.000 rupiah. Karena tebingnya yang tinggi, sangat disarankan untuk berhati-hati saat bermain di sekitar pantai ini.

Segara Anak

Wisata Lombok tidak melulu pantai, ada juga danau yang cantik, salah satunya danau Segara Anak. Danau Segara Anak memiliki pesona yang sangat menawan. Berada di kawah gunung Rinjani menjadikan pemandangan dari danau ini sangatlah indah saat dilihat dari atas.

Segara Anak terletak di kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Utara. Harga tiket untuk memasuki danau ini sebesar 35.000 rupiah. Waktu yang disarankan untuk berwisata ke danau ini adalah di musim kemarau. Karena saat di musim hujan, akses jalannya sangatlah sulit.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman nasional gunung Rinjani merupakan wisata Lombok yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini merupakan ekosistem tipe hutan hujan yang berbentuk pegunungan dan savana. Untuk mendaki gunung yang tinggi ini disarankan untuk menyewa jasa pemandu demi keamanan dan keselamatan. Selain itu, butuh tenaga dan kesiapan ekstra untuk mendaki gunung ini.

Lokasi taman nasional gunung Rinjani terletak di jalan Wisata Gn. Rinjani, Sembalun BumbunG, Sembalun, Lombok Timur. Untuk menikmati keindahan sekitar taman, tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah. Sedangkan untuk pendakian, tiketnya sebesar 150.000 rupiah. Saat menjelajahi gunung ini, terdapat banyak tempat menarik seperti Segara Anak, air terjun Sendang Gile, pemandian air panas Sebau, dan desa Adat Senaru.

Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman wisata Pusuk Sembalun merupakan wisata Lombok yang memiliki panorama luar biasa. Berada pada ketinggian 1250 mdpl menjadikan udara di sekitar taman ini sangatlah sejuk. Banyak sekali objek indah di taman ini, seperti perbukitan hijau, pepohonan, dan juga pegunungan.

Baca Juga :   Pantai Senggigi Lombok, Tujuan Utama Wisata Pantai di Lombok

Lokasi dari taman wisata Pusuk Sembalun terletak di jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Lombok Timur. Perjalanan menuju taman ini berkelok-kelok dengan banyak pepohonan. Harga tiket masuknya sebesar 2.000 rupiah.

Tanjung Poki

Salah satu wisata Lombok yang tersembunyi dan menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis adalah Tanjung Poki. Pantai tanjung poki dikelilingi oleh tebing-tebing batu dan juga perbukitan. Airnya begitu jernih mempesona diikuti dengan ombak yang datang secara berkala menjadikan pantai ini wajib dikunjungi.

Lokasi pantai Tanjung Poki terletak di Sekaroh, Jeroawu, Lombok Timur.  Harga tiket untuk memasuki pantai ini gratis. Salah satu aktivitas menyenangkan di pantai ini adalah memancing. Namun, pengunjung perlu berhati-hati karena ombak pantai ini cukup tinggi.

Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan pantai di kepulauan gili dengan warna biru yang sangat jernih. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Gili Trawangan seperti bersepeda, snorkeling, diving, berenang, watersport, berkuda, dan lainnya.

Lokasi dari Gili Trawangan sendiri terletak di Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara. Daya tarik Gili Trawangan adalah pengelolaan fasilitasnya yang rapi dan panorama alamnya yang indah. Tempat ini juga memiliki penangkaran penyu. Harga tiket masuknya pun gratis. Namun, untuk beberapa wahana dikenakan biaya yang berbeda-beda.

Gile Meno

Gili Meno akan terlewati saat perjalanan menuju ke Gili Trawangan. Oleh sebab itu, wisata Lombok yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Tak kalah dengan Gili Trawangan, Gili Meno memiliki banyak panorama yang bagus dan asri. Pesona alamnya sangatlah menawan dengan pasir yang lembut dan juga pepohonan di sekitarnya.

Karena lebih kecil dari Gili yang lain, fasilitasnya pun lebih minim. Lokasi Gili Meno terletak di Gili Indah, Pemang, Lombok Utara. Harga tiket masuknya sebesar 50.000 rupiah.

Gili Air

Gili air merupakan wisata Lombok yang menjadi bagian dari tiga Gili. Tidak hanya pantainya yang indah. Pemandangan bawah laut dari Gili Indah sangatlah mempesona sehingga sangat memikat untuk diselami.

Saat ke salah satu kepulauan Gili Lombok ini, rasanya memang belum lengkap jika tidak ke Gili Air. Lokasi Gili Air terletak di Gili Indah Pemenang, Lombok Utara dengan harga tiket masuk 50.000 rupiah.

Gua Bangkang

Salah satu wisata Lombok yang berupa gua cantik dan eksotis adalah gua Bangkang. Tempat ini dapat dijumpai saat hendak ke Pantai Kuta lombok. Keindahan gua ini terletak pada lubang-lubang gua yang dihujani cahaya matahari yang sangat indah. Tak heran, jika spot-spot foto di gua ini sangatlah instagramable

Gua Bangkang terletak di Prabu, Pujut, Lombok Tengah. Harga tiket masuknya sekiar 5.000 rupiah. Perlu diingat saat ke gua ini untuk membawa senter sebagai penerangan. Selain itu, gua ini juga ditinggali oleh banyak kelelawar, sehingga banyak kotorannya berserakan.

Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk merupakan wisata Lombok yang tak kalah eksotis dengan pantai lainnya. Tempat ini memiliki pemandangan biru laut yang indah dan juga perbukitan yang menawan. Meskipun jalanna menuju tempat ini terjal, berkelok dan tak beraspal. Namun, pantai Gerupuk memiliki keindahan yang luar biasa. Selain itu, karena keasrian dan tempatnya yang tersembunyi, pantai ini sangatlah bersih.

Lokasi Pantai Gerupuk berada di kecamatan Loteng, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk harga tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah.

Demikian informasi tentang wisata Lombok yang eksotis. Berwisata ke Lombok rasanya tidak cukup jika mengunjungi satu tempat saja. Karena Lombok mempunyai banyak keindahan yang tersembunyi.

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh