Jawa Tengah

10 Rekomendasi Wisata Magelang Selain Candi Borobudur

Magelang merupakan satu-satunya kota yang dikelilingi oleh 5 gunung ini memiliki pesona keindahan alam yang tidak kalah dengan kota lainnya. Wisata Magelang terkenal akan salah satu objek wisata yang sudah mendunia, yaitu Candi Borobudur. Seiring berjalannya waktu, kini sudah ada banyak sekali objek wisata baru di Magelang yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Ramadanu

taman ramadanu magelang

Berada di daerah Ngluwar, Kabupaten Magelang, objek wisata ini bisa dibilang masih baru. Dibuka pada bulan Juni 2018 silam, Taman Ramadanu memiliki pesona keindahan yang khas dengan tanaman bunga. Adapun bunga yang ditanam di lokasi ini adalah bunga Celosia dan Zinna. 

Kombinasi warna antar kedua bunga ini menciptakan warna yang indah dan menarik. Tidak mengherankan jika wisata Magelang ini cocok untuk menghiasi feed instagram. Awalnya objek wisata ini hanya dibuka dari pagi sampai sore saja. Namun, pihak pengelola mengembangkannya dan membukanya hingga malam hari. 

Baik pada pagi hari maupun malam hari, suasana di sekitar objek wisata cukup sejuk karena berdampingan dengan persawahan. Di tengah taman terdapat miniatur rumah baling-baling yang bisa dijadikan spot foto gratis. 

Informasi Tiket dan Parkir

  • HTM : Rp15.000,00
  • Motor : Rp2.000,00

Berbicara soal fasilitas yang terdapat pada Taman Ramadanu seperti toilet umum, musholla dan warung makan sudah ada. Untuk dapat menuju ke lokasi wisata Magelang ini juga tidaklah sulit, mengingat lokasinya tidak jauh dari jalan raya. Taman Ramadahu dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam.

Tips jika untuk ingin mengunjungi Taman Ramadanu adalah datanglah lebih pagi agar lebih leluasa dalam berfoto. Terlebih jika ingin mengunjunginya pada saat weekend, mengingat pengunjungnya bisa lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa.

Taman Naura

taman naura magelang

Masih berada di daerah Ngluwar, Kabupaten Magelang, ada wisata Magelang yang baru. Taman Naura resmi dibuka pada Desember 2018 silam. Pada dasarnya, konsep taman ini tidak jauh berbeda dengan Taman Ramadanu. Namun, keduanya memiliki daya tarik yang berbeda. 

Jika Taman Ramadanu terkenal akan keindahan bunganya, Taman Naura terkenal akan spot foto yang lebih banyak dan cocok untuk semua kalangan. Panorama alam di sekitar objek wisata masih asri dan bersampingan dengan persawahan.

Informasi Tiket dan Parkir

  • HTM : Rp10.000,00
  • Motor : Rp2.000,00
  • Mobil : Rp5.000,00

Keunggulan Taman Naura adalah adanya kolam renang yang cocok untuk anak-anak. Tidak sampai disitu saja, di area objek wisata yang cukup luas ini terdapat banyak spot foto yang menarik. Beberapa spot menarik diantaranya adalah replika Patung Merlion, patung angsa, balon udara dan kolam ikan.

Salah satu yang unik dari kolam ikannya adalah bisa dijadikan sebagai terapi kaki. Pengunjung nantinya bisa memasukkan kakinya ke kolam tersebut, ikan-ikan nantinya akan mendatanginya. Ikan tersebut hanya akan menghampiri orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan dan akan pergi dengan sendirinya jika sudah selesai.

Fasilitas umum seperti toilet, tempat beribadah dan warung sudah tersedia di wisata Magelang satu ini. Jadi pengunjung tidak perlu cemas kelaparan ataupun beristirahat sejenak. Jika penasaran bagaimana terapi ikan secara alami, bisa dengan mengunjunginya di daerah Ngluwar, tepatnya di Kalipeh, Plosogede. Taman Naura dibuka dari pukul 07.00 – 17.00.

Punthuk Setumbu

wisata magelang di punthuk setumbu

Ingin melihat keindahan Magelang dari sudut yang berbeda? Puthuk Setumbu wajib masuk pada daftar kunjungan jika berlibur ke kota sejuta bunga ini. Objek wisata ini lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar 4 km saja. Berada di Desa Karangrejo, Borobudur, objek wisata ini cocok untuk menikmati sunrise maupun sunset.

Puthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang menjulang tinggi dan menjadi salah satu spot favorit banyak orang. Dari atas bukit, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Wisatawan dapat melihat kemegahan Candi Borobudur dari sudut yang berbeda, terlebih jika cuaca sedang mendukung. 

Informasi Tiket dan Operasional

  • Domestik : Rp15.000,00
  • Mancanegara : Rp30.000,00
  • Senin – Jumat : 04.00 – 17.00
  • Sabtu – Minggu : 24 jam

Akses menuju wisata Magelang ini bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Nantinya kendaraan akan ditinggal di camp bawah dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju puncak. Puncaknya tidak terlalu tinggi, membutuhkan waktu selama kurang lebih 30-45 menit. Perjalanan menuju puncak akan melewati trek yang lumayan menanjak dan licin. 

Namun tidak perlu cemas, karena ada juga trek yang datar. Ketika akan mendekati puncak, nantinya akan melewati anak tangga yang sudah di semen ataupun masih ada yang dari tanah. Bagi pemula mungkin akan agak kesulitan dan melelahkan, akan tetapi nanti akan terbayarkan dengan panorama di atas bukit.

Fasilitas seperti toilet maupun musholla hanya ditemukan di camp bawah saja. Jika ingin mendirikan tenda di atas bukit, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp30.000,00. Bagi yang ingin menginap, sudah tersedia homestay yang tidak jauh dari lokasi dengan harga yang terjangkau. 

Rafting Sungai Elo

wisata rafting sungai elo magelang

Ingin menguji adrenalin dengan tantangan yang seru? Rafting Sungai Elo bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata Magelang yang wajib dicoba. Objek wisata ini berada di daerah Mungkid, tepatnya di Jl. Sendangsono KM 0,2. Rafting Elo cocok dikunjungi pada saat musim kemarau karena debit airnya yang stabil. 

Apabila ingin mencobanya di musim penghujan juga boleh. Disini wisatawan bisa memilih tingkat kesulitan yang dipilih. Terdapat 3 tingkat kesulitan yang didasarkan pada panjang lintasan yang dilalui. Tingkatan paling tinggi memiliki panjang lintasan hingga 12,5 KM yang selesai dalam waktu 2,5 – 3 jam tergantung kondisi medan. 

Informasi Harga

Baca Juga :   6 Makanan Khas Purwokerto : Mendoan Tempe, Lumpia Bom, Soto Sokaraja, Bakmi Nyemek DLL

Bagi wisatawan yang ingin mencoba Rafting Elo ini setidaknya membawa 5-6 orang untuk 1 boat. Masing-masing orang akan dikenakan biaya sekitar Rp150.000,00-an. Harga bisa bertambah sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan. 

Wisatawan tidak perlu repot-repot dalam membawa peralatan rafting, karena sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dalam setiap boat nantinya terdapat 1-2 orang guide yang akan mendampingi hingga akhir trip. Jadi, sangat aman untuk semua kalangan, baik itu pemula sekalipun.

Bukit Rhema

bukit rhema magelang

Dahulunya, wisata Magelang ini tidak terlalu booming di kalangan masyarakat. Namun, hal tersebut berubah ketika objek wisata ini dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting film Indonesia. Semenjak itulah Bukit Rhema menjadi dikunjungi banyak orang, baik wisatawan lokal maupun luar kota.

Lokasi Bukit Rhema tidak jauh dari Punthuk Setumbu yang masih dalam lingkup wisata Borobudur. Disini terdapat 3 tingkatan dengan desain yang berbeda. Pada tingkatan pertama wisatawan akan disuguhkan pilar-pilar penyangga dari bangunan ini. Ada juga motif salib yang terdapat di langit bangunan, mengingat dahulunya bangunan ini merupakan sebuah gereja.

Di tingkatan kedua, pengunjung bisa melihat pemandangan di sekitar melalui jendela kecil. Melalui jendela kecil tersebut akan terpampang jelas deretan pepohonan yang rindang. Pada tingkatan terakhir, wisatawan bisa menikmati keindahan alam di sekitar objek wisata. Di area tertinggi ini normalnya hanya bisa memuat 5-7 orang saja.

Informasi Tiket dan Parkir

  • Domestik : Rp15.000,00
  • Mancanegara : Rp30.000,00
  • Motor : Rp2000,00

Wisata Magelang ini berada di Kecamatan Borobudur, tepatnya di Karangrejo Gombong. Bukit Rhema buka pada pukul 05.30 sampai 17.00 sore. Jika ingin menikmati sunrise bisa datang lebih pagi, begitu juga dengan sunset yang indah. Sayangnya, untuk menikmati sunrise maupun sunset hanya berlaku pada hari Sabtu dan Minggu saja. 

Desa Wisata Wanurejo

Selain mengunjungi Candi Borobudur, belajar budaya dan kriya di Desa Wisata Wanurejo tidak ada salahnya. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa pengunjung lakukan disini. Mulai dari berkeliling menggunakan andong, bersepeda, melihat pertunjukkan seni hingga belajar membuat produk kerajinan.

Wisata Andong cocok bagi pengunjung yang ingin berkeliling desa sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitarnya. Sambil berkeliling, pengunjung juga bisa mampir ke pusat UMKM di desa tersebut. Setelah selesai berkeliling, wisatawan bisa bersantai di tempat yang disediakan. 

Selain menaiki andong, wisatawan juga bisa berkeliling desa dengan menggunakan sepeda yang dikenakan tarif Rp20.000,00/orang. Tarif tersebut bisa dibilang murah, karena berlaku selama 24 jam. Setelah puas berkeliling, wisatawan bisa menikmati kuliner tradisional yang ditawarkan.

Informasi Tiket, Alamat dan Operasional

Baca Juga :   4 Rental Motor di Solo 2018 Sewa Murah Surakarta Dekat Stasiun Balapan Jawa Tengah

Untuk bisa menikmati kegiatan di desa wisata Magelang ini, wisatawan harus mengeluarkan biaya sekitar Rp20.000,00-Rp200.000,00 tergantung dari paket yang pilih. Desa Wisata Wanurejo ini berada di Kecamatan Borobudur, tepatnya di Ngentak, Wanurejo. Jam operasionalnya mulai dari 8 pagi hingga 5 sore.

Bagi yang ingin menginap juga bisa, karena sudah disediakan homestay dengan harga yang terjangkau. Sedangkan fasilitas yang ditawarkan juga sudah lengkap, jadi wisatawan bisa berlibur dengan tenang dan bahagia.

Ketep Pass

Berlokasi di Sawangan, tepatnya di Desa Ketep, tempat wisata Magelang ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Objek wisata ini buka mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore. Pengunjung bisa menikmati pemandangan 5 gunung yang mengelilingi Magelang sekaligus jika cuaca sedang cerah. 

Di Ketep Pass juga terdapat Museum Vulkanologi dan Vulcano Theater yang sangat cocok untuk edukasi anak-anak. Pengunjung bisa belajar terkait proses gunung api meletus dan melihat dokumentasi film. Tidak mengherankan jika seringkali banyak sekali rombongan anak-anak hingga orang dewasa mengunjungi objek wisata ini. 

Informasi Harga Tiket dan Parkir

  • HTM : Rp7.500,00 untuk pengunjung lokal dan $3 untuk pengunjung mancanegara
  • Motor : Rp2.000,00
  • Mobil : Rp5.000,00
  • Mini Bus : Rp7.000,00
  • Bus Besar : Rp12.000,00

Berbicara soal fasilitas yang disediakan bisa dibilang cukup lengkap. Di atas terdapat musholla yang cukup luas dengan tempat wudhu antara perempuan dan laki-laki yang terpisah. Ada juga resto maupun warung jika merasa lapar. Bagi ingin yang berbelanja cindera mata buatan UMKM juga ada. 

Pada bulan tertentu Ketep Pass menyelenggarakan beberapa event rutin seperti Bamboo Lighting hingga New Year Party. Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota tidak perlu cemas, karena sudah ada homestay yang tidak jauh dari lokasi. 

Taman Kyai Langgeng

Berada di tengah-tengah kota Magelang, Taman Kyai Langgeng cocok untuk dikunjungi bersama keluarga kecil maupun rombongan. Ada banyak sekali wahana yang tersedia disini, mulai dari wahana air hingga taman khusus satwa. Sayangnya untuk melihat satwa tersebut hanya dilayani pada weekend dan hari libur nasional saja. 

Selain wahana permainan, edukasi hingga religius, tempat wisata Magelang ini memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas seperti toilet, food court, kedai souvenir, musholla sudah tersedia dengan lengkap. Pengunjung tidak perlu takut bosan karena wisata ini memiliki luas hingga 27,36 Ha.

Informasi Tiket dan Parkir

  • Weekdays : Rp24.000,00
  • Weekend : Rp30.000,00
  • Motor : Rp2.000,00
  • Mobil : Rp5.000,00
  • Bus : Rp10.000,00

Perlu diketahui bahwa tiket masuk tersebut tidak mencakup beberapa tiket untuk masuk ke wahana yang ada di dalamnya. Ada biaya tambahan lagi jika ingin mengunjungi wahana seperti Top Selfie, Hand Boat, Motor ATV hingga Playground. Oleh karena itu, persiapkan uang yang cukup jika berkungjung disini. 

Wisata Magelang ini lokasinya ada di Jl. Cempaka No 6, Kota Magelang. Taman Kyai Langgeng buka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Jika ingin bebas dalam berfoto di spot-spot menarik disini, datanglah lebih awal. Karena semakin siang, tempat wisata ini semakin ramai.

Baca Juga : Oleh-Oleh Magelang Yang Wajib Dibawa Pulang

Baca Juga :   8 Oleh Oleh Purwokerto Yang Wajib Dibawa Pulang

Taman Edukasi Nakula Sadewa

Sudah beroperasi sejak bulan Juli 2018 silam, wisata Magelang satu ini memiliki konsep taman edukasi. Di bagian depan, wisatawan akan disambut dengan tulisan Nakula Sadewa yang disampingnya ada ukiran seninya. Memasuki objek wisata, akan disambut dengan ornamen dan patung-patung. 

Objek wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang memiliki kecintaan terhadap seni yang tinggi. Deretan karya seni dipajang disini, mulai dari tokoh wayang raksasa, hingga miniatur bangunan dan lainnya dihasilkan oleh tangan seniman. Pengunjung juga tidak perlu bingung dalam mengelilingi objek wisata ini, mengingat sudah ada tour guide yang membantu. 

Informasi Tiket dan Operasional

Untuk memasuki objek wisata ini, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000,00. Taman Edukasi Nakula Sadewa mulai buka dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Dengan harga tiket yang murah tersebut, pengunjung bisa bebas mengambil foto sebanyak-banyaknya tanpa biaya tambahan. 

Disini pengunjung juga bisa belajar tentang art work dari cetakan alumunium. Jika merasa lapar, sudah tersedia saung makan yang berada di dekat kolam dengan pemandangan sawah di sekitarnya. Jika penasaran dengan karya seninya, bisa mendatanginya di Jl. Raya Jogja – Magelang, Mungkid. 

Air Terjun Kedung Kayang

Setiap kali hendak ke objek wisata air terjun, pasti terkenal akan medannya yang sulit. Begitu juga dengan Air Terjun Kedung Kayang di Magelang. Wisata Magelang ini berada tidak jauh dari objek wisata Ketep Pass, tepatnya di Dusun Ngagrong. Tips bagi yang ingin berkunjung ke sini, pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Perjalanan menuju lokasi melalui jalan yang sudah di cor, namun beberapa masih bebatuan dan ada yang tanah. Namun, perjalanan sulit tersebut nantinya akan dilunasi dengan pesona keindahan yang ditawarkan. Setelah sampai lokasi, wisatawan bisa menikmati Air Terjun Kedang Kayang dari 2 sudut yang berbeda.

Pertama adalah dengan berjalan ke bawah menuju air terjunnya secara langsung dan menikmati sensasi air yang dingin. Kedua adalah menikmatinya dari atas sambil berfoto sepuasnya. Dari gardu atas, pengunjung bisa melihat panorama yang ada di sekitarnya, termasuk Gunung Merapi yang masih berdiri dengan kokoh.

Baca Juga : 5 Daftar Nama Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah dan Sekitarnya Yang Wajib Dikunjungi

Informasi Tiket, Parkir dan Operasional

Memasuki objek wisata, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000,00. Sedangkan untuk biaya parkir motornya adalah Rp2.000,00 saja. Wisata Magelang ini buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Jadi, bagi yang ingin menikmati keindahan sunset bisa ke gardu pandangnya.

Fasilitas yang ditawarkan belum lengkap, hanya terdapat toilet yang tidak terlalu besar. Untuk warung, hanya terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan minuman dan camilan saja. Karena medannya yang licin, pastikan kesini menggunakan alas kaki yang nyaman dan kuat.

Bagaimana? Sudah memutuskan untuk berkunjung ke wisata Magelang yang mana? Di atas adalah beberapa rekomendasi wisata yang wajib masuk dalam white list ketika berkunjung ke Magelang. Pastikan tubuh dalam keadaan yang prima dan tentunya kebutuhan uang saku yang mencukupi. 

 

Yunita

Seorang penulis cerita yang aneh, suka jalan jalan dan pengen jalan jalan karena menulis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker