Yogyakarta

Wisata Pantai Dekat Malioboro Yang Wajib Untuk Dikunjungi

sewa mobil jogja banner

Malioboro Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang sering dijadikan daftar kunjungan wajib bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai macam souvenir khas Yogyakarta dapat dijumpai dan dibeli disini, mulai dari baju batik hingga pernak-pernik aksesoris tradisional. Selain Malioboro, Yogyakarta juga banyak menawarkan destinasi wisata alam berupa pantai yang letaknya tidak terlalu jauh dengan Malioboro. Berikut beberapa wisata pantai dekat Malioboro yang wajib untuk dikunjungi wisatawan :

1. Pantai Samas

pantai samas

Tempat wisata pantai dekat Malioboro yang pertama adalah Pantai Samas. Pantai ini berlokasi di daerah Srigading, Bantul. Wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat ini harus menempuh jarak sekitar 27 km dari Jl. Malioboro. Pantai Samas biasanya digunakan sebagai tempat Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan juga pelaksanaan Upacara Sedekah Laut.

Tempat wisata ini memiliki suasana ombak yang besar disertai angin yang kencang, sehingga cocok digunakan untuk wisatawan yang ingin melakukan kegiatan berselancar. Selain itu, pantai ini merupakan tempat resmi penangkaran penyu di Kota Yogyakarta sehingga banyak spesies penyu bisa ditemukan disini seperti penyu hijau, penyu sisik, dan penyu belimbing.

2. Pantai Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan salah satu wisata pantai dekat Malioboro yang berjarak sekitar 29 km dari Jl. Malioboro. Tempat wisata ini sangat terkenal dengan mitos sosok Ratu Pantai Selatan yang sering membantu kekuasaan kerajaan Mataram. Karena itulah, pantai ini sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan acara ritual warisan terdahulu yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi Oleh Wisatawan

Berkunjung ke tempat ini akan lebih berkesan jika wisatawan datang pada saat acara Upacara ritual Labuhan atau Melasti dilangsungkan. Selain bisa melihat pelaksanaan upacara adat disini, wisatawan juga dapat melihat keindahan sunset yang terbenam di langit barat pantai ini.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Wisata pantai dekat Malioboro berikutnya adalah Pantai Parangtritis yang juga berjarak 29 km dari Jl. Malioboro. Sama halnya dengan Pantai Parangkusumo, tempat ini juga menyimpan berbagai cerita mitos sosok Ratu Pantai Selatan.

Pantai Parangtritis menyediakan pemandangan pantai yang begitu indah apalagi jika dilihat dari atas Tebing Gembirawati yang berada di belakang pantai ini. Di sebelah timur tebing ini juga pernah ditemukan sebuah reruntuhan candi oleh masyarakat sekitar yang diberi nama Candi Gembirawati . Selain beberapa hal tersebut, wisatawan yang berkunjung kemari juga bisa menikmati panorama matahari terbenam yang indah di sore hari.

4. Pantai Kuwaru

pantai kuwaru

Pantai Kuwaru merupakan wisata pantai dekat Malioboro yang berjarak 31 km dari Jl. Malioboro. Destinasi wisata ini merupakan tempat wisata baru di Bantul yang wajib untuk dikunjungi. Keberadaan deretan pohon cemara di tempat ini menjadi hal yang cukup menarik wisatawan untuk datang menikmati keindahan alam disini.

Pantai Kuwaru banyak menyediakan fasilitas pendukung seperti mandi bola, kolam renang, serta kereta mini. Selain itu, wisatawan juga bisa mencicipi hidangan olahan hasil laut di kedai makanan yang banyak tersebar di tempat ini. Wisatawan yang berkunjung juga bisa membeli beberapa buah tangan untuk keluarga dan sahabat di rumah.

Baca Juga :   7 Tempat Belanja Di Jogja Yang Murah Meriah

5. Pantai Glagah

pantai glagah

Pantai Glagah merupakan wisata pantai dekat Malioboro terakhir yang akan dibahas. Wisata pantai ini terletak di daerah Glagah Kulon Progo yang berjarak sekitar 43 km dari Jl. Malioboro. Tempat ini memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa. Selain itu, destinasi ini tidak terlalu sering dijadikan tempat kunjungan oleh wisatawan, sehingga wisatawan yang berkunjung kesini bisa bebas berfoto tanpa harus berada di keramaian.

Pantai Glagah menyuguhkan pemandangan unik berupa beton-beton pemecah ombak yang berada di beberapa bagian bibir pantai yang cukup panjang. Selain itu, tempat ini juga sudah menyajikan fasilitas yang lengkap bagi pengunjungnya seperti adanya permainan air. Di tempat ini, wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset seperti di beberapa pantai Yogyakarta lainnya.

Itulah kelima review tempat wisata pantai dekat Malioboro yang wajib untuk dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Ada baiknya jika wisatawan melakukan pengecekan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum datang ke beberapa tempat diatas sehingga perjalanan dengan teman, sahabat, atau pacar menjadi lebih berkesan dan tidak terganggu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh