Yogyakarta

5 Wisata Pantai Di Yogyakarta Yang Sayang Dilewatkan

Pantai Terbaik di Yogyakarta

sewa mobil jogja banner

Yogyakarta sangat banyak menawarkan tempat wisata dan semua menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya candi, wahana permainan maupun kulinernya yang enak, kota ini juga menyuguhkan wisata alam pantai yang tak kalah menarik. Letaknya tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta. Berikut adalah wisata pantai di Yogyakarta yang bisa dikunjungi dan sayang apabila dilewatkan :

1. Pantai Samas

pantai samas

Salah satu wisata pantai di Yogyakarta adalah Pantai Samas. Pantai ini terletak di daerah Bantul. Di kalangan masyarakat Pantai ini sangat terkenal karena di tempat ini sering dijadikan tempat pelaksanaan upacara sedekah laut. Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat upacara kirab Tumuruning Maheso Suro yang biasa diadakan tiap tahun.

Pantai Samas memiliki ombak yang besar dan angin yang lumayan kencang sangat cocok untuk berselancar.Tempat ini merupakan tempat pembudidayaan ikan dan penyu laut. Penyu yang dibudidayakan disini seperti Penyu hijau, penyu sisik, penyu belimbing,dan lain-lain. Tak heran jika berjalan jalan di sekitar pantai banyak ditemukan gundukan pasir yang berisi telur penyu.

2. Pantai Timang

pantai di jogja

Wisata Pantai di Yogyakarta berikutnya adalah Pantai Timang. Pantai ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini cocok untuk pengunjung yang gemar memacu adrenalin dan penggila tantangan. Karena Pantai ini mempunyai sebuah wahana yang menyeramkan berupa kereta gantung. Kereta tersebut akan membawa pengunjung dari tepi pantai ke tengah laut menuju Pulau Watu Panjang.

Baca Juga :   Pantai Krakal Gunung Kidul Jogja, Ini Letak Rute Alamat Menuju Lokasi + Harga Tiket Masuk

Di tengah perjalanan menuju Pulau Watu Panjang pengunjung akan “disuguhi” dengan panorama ombak yang berdebur keras, serta angin yang begitu kencang.Bahkan dapat sampai terdengar suara air laut yang menghempas karang.Kereta gantung tersebut hanya memuat 1 orang dan terbentang sejauh 100 meter.

3. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wediombo

Pantai Wedi Ombo ini letaknya di Gunung Kidul daerah Jepitu dan termasuk mudah dijangkau. Di sekitar lokasi ini banyak ditemukan gugusan tebing-tebing karang yang membuat pantai ini sangat populer. Memiliki pasir putih yang cantik dan beberapa area persawahan yang asri.

Di Pantai ini setiap setahun sekali akan diadakan upacara tradisional Ngalangi. Upacara tersebut menurut masyarakat setempat merupakan ungkapan rasa syukur atas Anugerah yang diberikan Tuhan. Selain itu bertujuan untuk memohon rezeki demi kehidupan yang lebih baik di masa datang.

Pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar sehingga lumayan terkenal di kalangan peselancar.Terdapat juga sebuah kolam yang dibatasi oleh tebing karang di sekelilingnya tempat pengunjung dapat berendam atau bermain air.

4. Pantai Krakal

Air laut Pantai Krakal

Lokasi Pantai ini yaitu di daerah Tanjungsari, Gunung Kidul. Merupakan spot favorit peselancar lokal maupun mancanegara karena ombaknya yang cukup besar. Memiliki pantai pasir yang putih bersih, serta air laut yang bening menjadi daya tarik pantai ini.

Pantai Krakal ini merupakan tempat wisata pantai di Yogyakarta yang nyaman dan cocok untuk bersantai. Karena di atas karang disediakan gazebo. Gazebo ini biasa digunakan wisatawan bersantai menikmati keindahan pantai yang diapit oleh dua batu karang.

Baca Juga :   Inilah 5 Tempat Wisata Anak Di Yogyakarta Terpopuler

Kabarnya pantai ini akan dijadikan kawasan Nusa dua Bali kedua. Karena keindahan pantainya, pemerintah melirik kawasan ini untuk dijadikan perkampungan wisatawan. Pantai ini juga mendapat julukan pantai terindah sepanjang Pulau Jawa.

5. Pantai Baron

pantai baron

Wisata pantai di Yogyakarta yang terakhir adalah Pantai Baron. Pantai ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Tempat ini merupakan pantai terindah di Yogyakarta setelah pantai Parangtritis. Mempunyai pasir pantai coklat kehitaman dengan ombak yang tergolong cukup besar.

Yang menjadi daya tarik tempat ini adalah pantainya yang diapit oleh dua bukit besar. Di lokasi tersebut menjadi pertemuan air tawar dari sungai dan air laut. Namun sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan berenang di Pantai Baron karena ombaknya yang relatif besar.

Walaupun begitu ada saat saat tertentu wisatawan dapat berenang namun tetap mengutamakan kewaspadaan dan dibawah pengawasan extra. Demi keselamatan sebaiknya pengunjung mengikuti aturan pihak pengelola.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Mohon non aktifkan adblock anda
Refresh