Jawa Tengah

Inilah 5 Wisata Yang Ada Di Semarang Yang Menarik

Kota Semarang merupakan salah satu kota yang cukup terkenal di Indonesia dengan tempat wisatanya yang menarik. Hal ini membuat kota satu ini semakin hari semakin populer. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa liburan kurang lengkap ketika belum berlibur ke kota semarang. Nah, pada kesempatan ini akan kita bahas tempat wisata yang ada di semarang menarik untuk dikunjungi. Ini bisa anda gunakan sebagai referensi liburan mendatang. Beberapa diantaranya, simak uraian berikut ini.

Kota Lama Semarang

Kota lama semarang merupakan tempat yang populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini. Tempat ini memiliki ciri khas tersendiri yang unik. Biasanya banyak orang yang menyukai ketika moment foto dengan beberapa bangunan tua yang bergaya Eropa klasik, pastinya semakin menambah asyik suasana.

Berasa seperti ada di zaman dulu kala lagi. Bahkan di sana bisa dibilang tidak akan sepi pengunjung. Hal itu karena ada banyak tempat-tempat yang kerap diramaikan oleh pengunjung baik yang berasal dari dalam kota maupun luar kota. Salah satu yang menjadi tempat favorit pengunjung adalah Gereja Blenduk yang menggunakan atap berbentuk kubah. Kemudian ada Taman Srigunting yang terletak di depan gereja semakin menambah asyik suasana.

Kampung Batik Semarang

Sebaiknya apabila anda berkunjung ke Kota Lama, untuk menyempatkan juga mampir ke Kampung Batik Semarang. Karena tempatnya tidak terlalu  jauh dari kawasan Kota Lama yakni terletak di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur. Walaupun lokasi yang dituju harus melewati gang masuk yang lumayan sempit atau lebih tepatnya berada di di samping Hotel Horison, namun tidak mengurangi niatan untuk melihat tempat wisata unik satu ini.

Baca Juga :   5 Tempat Wisata di Solo Surakarta Yang Dekat Dengan Stasiun Balapan dan Sekitarnya

Pada lokasi akan ada pintu gerbang dengan tulisan Kampung Batik. Pasalnya tempat ini merupakan wisata yang ada di semarang sebagai tempat wisata belanja dimana merupakan pusat kerajinan batik asal Semarang. Hal ini sudah pasti akan ada banyak  jenis batik khas Semarang yang lebih identik dengan pola Tugu Muda, Lawang Sewu, pohon asem, burung blekok, dan lain-lain. Kemudian ciri lainnya yakni lebih cenderung memiliki warna yang terang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Salah satu ciri khas dari masjid Agung Jawa Tengah yakni dari bentuknya yang enam payung elektrik di serambi yang membuatnya mirip dengan Masjid Nabawi. Enam payung tersebut mempunyai diameter 14 meter, sehingga tidak heran ketika abnyak yang menggunakannya untuk Shalat Idul fitri dan Idul adha dan bisa di pastkan masjid ini pasti ramai. Di sini terdapat 25 pilar yang memang sengaja didesain mirip dengan Coloseum yang ada di Kota Roma, Italia.

Dari Jumlah pilar tersebut sebenarnya adalah representasi jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui oleh orang Islam. Sedangkan pada pintu gerbang terdapat tulisan ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’ apabila di artikelan pada huruf Arab Melayu yakni dua kalimat syahadat. Ada pula menara Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter, dimana pengunjung dipersilahkan untuk naik ke puncak menara tersebut denga melihat pemandangan Kota Semarang, namun ada biayanya untuk naik.

Baca Juga :   8 Penginapan di Semarang Termurah Dibawah 100 Ribu Dekat Stasiun Poncol, Tembalang, Simpang Lima

Lawang Sewu

Banyak para wisatawan yang menggunakan lawang Sewu bisa sebagai tempat  persinggahan di Kota Semarang. Walaupun banyak yang menyebut bangunan ini sebagai bangunan ang angker, karena merupakan gedung tua yang dahulu berfungsi sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). Dimana NIS lebih dikenal sebagai perusahaan yang membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja.

Museum Kereta Api Ambarawa

Ketika anda berkunjung ke wisata yang ada di Semarang ini, maka diberikan kebebasan untuk memilih, naik kereta uap atau kereta yang menggunakan mesin diesel. Di sana tersedia dua rute kereta wisata yang bisa dipilih, yakni dari Ambarawa-Tuntang atau dari Ambarawa-Bedono. Namun, untuk rute dari Ambarawa-Bedono ini hanya tersedia kereta uap. Lokasinya tepat berada di Kabupaten Semarang.

 

Artikel Lainnya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker